alexametrics

5 Fakta Terusan Suez Ini Jarang Diketahui

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Fakta Terusan Suez Ini Jarang Diketahui
Terusan Suez. [AFP]

Terusan Suez diresmikan pada 1869 dna terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai.

Suara.com - Terusan Suez diresmikan pada 1869 dna terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai. Ini merupakan terusan kapal sepanjang 163 kilometer, yang dibangun menghubungkan Samudra Atlantik Utara dengan Samudra Hindia bagian utara.

Mendorong sektor perdagangan dunia dan transportasi transatlantik, terusan ini sangat mengurangi jarak antara Eropa dan Asia.

Konstruksi besar itu membutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikannya dan memiliki sejarah menarik yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Dilansir dari Maritime Professional, Rabu (7/4/2021), berikut ini lima fakta yang jarang diketahui tentang Terusan Suez:

Baca Juga: Marwa Elselehdar, Kapten Kapal Perempuan Pertama di Mesir

1. Perluasan Terusan Suez sedang berlangsung

Pemerintah Mesir memutuskan memperluas Terusan Suez untuk semakin mengurangi jarak dan mempromosikan perdagangan dunia, terutama jalur perdagangan antara Asia dan Eropa.

Aktivitas di Terusan Suez. [AFP]
Aktivitas di Terusan Suez. [AFP]

Proyek ini dimulai pada 2014 dan diprogram untuk dapat digunakan pada akhir 2016.

Awalnya, Terusan Suez mempersingkat perjalanan sejauh 7.000 kilometer, sedangkan proyek yang telah selesai akan ditingkatkan menjadi hampir 9.600 kilometer.

Meskipun konstruksi aslinya memakan waktu hampir satu dekade untuk diselesaikan, penambahan baru ini akan siap dalam waktu kurang dari dua tahun dan pendapatan tol hampir dua kali lipat untuk pemerintah Mesir pada 2023.

Baca Juga: Pelaut Wanita Pertama Mesir Ini Dituduh Jadi Dalang Atas Insiden Suez

2. Terusan Panama dirancang oleh pengembang yang sama

Komentar