alexametrics

Otak Dipasangi Chip oleh Elon Musk, Monyet Ini Bermain Game dengan Telepati

Liberty Jemadu
Otak Dipasangi Chip oleh Elon Musk, Monyet Ini Bermain Game dengan Telepati
Monyet bernama Pager, yang otaknya sudah dipasangi chip Neuralink, perusahaan milik Elon Musk, bisa bermain game langsung menggunakan otak. [Youtube/Neuralink]

Otak Pager, seekor monyet berusia 9 tahun, dipasangi chip Neuralink, perusahaan milik Elon Musk. Ia bisa bermain game komputer secara telepatis.

Suara.com - Neuralink, perusahaan neuroteknologi yang didirikan oleh pengusaha eksentrik Elon Musk, berhasil membuat seekor monyet makaka mampu bermain game Pong di komputer secara telepatis.

Dalam sebuah video berdurasi tiga menit 27 detik yang diunggah di Youtube pada Kamis (8/4/2021), terlihat monyet bernama Pager itu bermain game Pong di komputer langsung melalui otaknya, tanpa bantuan anggota tubuh yang lainnya.

Berkat chip Neuralink yang ditanam di otaknya, Pager bisa mengendalikan permainan di komputer secara nirkabel. Game itu dikendalikan langsung oleh otak monyet tersebut. Seperti telepati.

"Monyet ini benar-benar bermain video game secara telepatis menggunakan sebuah chip otak," tulis Musk di Twitter.

Baca Juga: Perusahaan Indonesia Ini Akan Uji Internet Satelit Starlink dari Elon Musk

Dalam video itu terdengar seorang narator menjelaskan bagaimana Pager bisa bermain game Pong di komputer dengan otaknya. Ia mengatakan ada dua perangkat Neuralink yang ditanam di otak Pager sekitar enam pekan lalu.

Monyet berusia 9 tahun itu awalnya diajari cara bermain game Pong menggunakan joystick untuk menggerakan kursor dalam komputer. Sebagai hadiah jika berhasil, ia akan diberi jus pisang.

Ia menjelasakan bahwa di otak Pager telah dipasangi perangkat bernama Link. Perangkat itu, yang memiliki lebih dari 2000 kabel kecil yang tersambung dengan korteks motorik otak, merekam aktivitas neuron otak monyet tersebut saat ia bermain game.

Data-data yang direkam ini kemudian dikirim ke sebuah dekoder algoritma, yang kemudian memprediksi pergerakan tangan Pager secara real time. Setelah dikalibrasi, Pager langsung mampu menggunakannya untuk menggerakan kursor menggunakan otaknya.

Sebelum dipasang pada otak monyet, Neuralink sudah menguji teknologinya pada tiga ekor babi pada Agustus 2020 lalu. Perusahaan itu berharap teknologinya akan bisa digunakan pada manusia, untuk meningkatkan kecepatan arus informasi dari otak ke mesin.

Baca Juga: Elon Musk: Mobil Tesla Bisa Dibeli Pakai Bitcoin

Teknologi Neuralink ini dinilai bisa membantu mereka yang lumpuh untuk mengoperasikan komputer atau mesin menggunakan otak secara langsung. [CNBC]

Komentar