alexametrics

Waspada! Trojan Ditemukan di Toko Aplikasi Android Ini

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Waspada! Trojan Ditemukan di Toko Aplikasi Android Ini
APKPure

Toko aplikasi Android resmi saat ini yang diakui hanyalah Google Play Store.

Suara.com - Pengguna Android selalu disarankan mengunduh aplikasi hanya dari toko resmi untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi malware.

Dalam penyelidikan baru yang dilakukan Kaspersky, ditemukan bahwa toko aplikasi APKPure, salah satu sumber alternatif populer untuk mengunduh aplikasi Android, telah terinfeksi Trojan dan mendistribusikan Trojan lainnya.

Toko aplikasi Android resmi saat ini yang diakui hanyalah Google Play Store. Namun, toko ini hanya tersedia di perangkat yang menggunakan Layanan Seluler Google (GMS).

Sayangnya, beberapa vendor menghindari pustaka GMS agar tetap independen dan hal tersebut juga memberikan kekurangan kepada pengguna.

Baca Juga: Joker Trojan, Virus Android Berbahaya Mengancam Ponsel Huawei

Salah satu kelemahan utama adalah hilangnya akses ke toko aplikasi Google. Karena itu, kehadiran APKPure menjadi salah satu toko aplikasi alternatif.

Secara khusus, ini hanya menghosting aplikasi gratis atau shareware. Selain itu, pemilik menekankan bahwa semua aplikasi di toko tersebut telah dipindai oleh Google dan sepenuhnya aman, persis sama dengan apa yang tersedia di Google Play.

Google Play Store [shutterstock]
Google Play Store [shutterstock]

Meski begitu, aplikasi di toko mungkin telah lulus dari pengujian, tetapi aplikasi APKPure itu sendiri belum.

"APKPure versi 3.17.18 dilengkapi dengan SDK iklan, satu dengan Trojan dropper tertanam yang dideteksi oleh Kaspersky sebagai HUER: Trojan-Dropper.AndroidOS.Triada.ap," kata Igor Golovin, peneliti keamanan di Kaspersky dalam pernyataan pada siaran pers yang diterima Suara.com.

Saat diluncurkan, Trojan itu membongkar dan menjalankan muatannya yang merupakan bagian berbahaya.

Baca Juga: Awas! Jebakan Phishing Giveaway PlayStation 5

Komponen ini dapat melakukan beberapa hal, seperti menampilkan iklan di layar kunci ponsel, membuka tab browser, mengumpulkan informasi tentang perangkat, dan mengunduh perangkat lunak perusak lainnya.

Komentar