alexametrics

Facebook Punya Deretan Fitur Baru Saingi Clubhouse, Begini Cara Kerjanya

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Facebook Punya Deretan Fitur Baru Saingi Clubhouse, Begini Cara Kerjanya
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Facebook akhirnya resmi memperkenalkan sederet fitur dan aplikasi berbasis audio untuk saingi Clubhouse.

Suara.com - Setelah dirumorkan bakal mengeluarkan beberapa fitur baru, Facebook akhirnya resmi memperkenalkan sederet fitur dan aplikasi berbasis audio untuk saingi Clubhouse. Mereka adalah Soundbites, Podcast, hingga Live Audio.

"Kami bekerja membuat pesan audio lebih mudah direkam dan lebih menyenangkan, termasuk kemampuan untuk mengirim klip suara yang sudah dikenal ke teman mereka. Mulai dari efek suara seperti jangkrik hingga kutipan dari lagu-lagu populer," kata Fidji Simo selaku Head of Facebook App lewat keterangan resminya, Selasa (20/4/2021).

Pertama, Facebook akan membuat seperangkat tools untuk konten berbasis audio baru. Simo tools ini akan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dengan ini, pengguna bisa memakai beberapa koleksi suara yang disediakan Facebook untuk fitur story, seperti trek audio, sounds effects, voice effects, hingga filter audio.

Baca Juga: Banyak Tag ke Situs Porno di Facebook, Ini Penjelasan dan Solusinya

Kedua, Facebook akan menghadirkan tools yang dikenal dengan Soundbites. Ini merupakan klip audio pendek yang bisa merekam anekdot, lelucon, momen inspirasi, puisi, dan beberapa hal lainnya.

"Kami akan mulai menguji Soundbites selama beberapa bulan ke depan dengan sejumlah kreator dan menyempurnakan produk dengan masukan mereka sebelum membuatnya tersedia untuk semua orang," jelas Simo.

Clubhouse. [Erin Kwon/Unsplash]
Clubhouse. [Erin Kwon/Unsplash]

Ketiga, Facebook juga siap memperkenalkan layanan Podcast di aplikasinya. Dalam beberapa bulan ke depan, pengguna Facebook tak perlu mendengar podcast di luar aplikasi, mereka bisa langsung menemukannya di dalam Facebook.

Keempat, Live Audio Rooms. Menurut Simo, fitur ini akan tersedia di aplikasi Facebook dan Messenger. Perusahaan juga akan menguji coba fitur ini dan diharapkan tersedia pada musim panas 2021.

Selain itu, Facebook juga menjanjikan bakal membawa fitur monetisasi seperti langganan ke Live Audio Rooms dan Soundbites. Dengan ini, para kreator bisa mendapatkan dana dari platform tersebut.

Baca Juga: Facebook Siap Kenalkan 4 Fitur Audio Sosial untuk Saingi Clubhouse

"Dengan menghadirkan keajaiban ke format audio baru, kami memberikan cara baru kepada orang-orang untuk mengatakan lebih banyak tentang apa yang selalu ingin mereka katakan selama ini," pungkas Simo.

Komentar