facebook

Surat dengan Tulisan Tangan Einstein Dijual Rp17 Miliar

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Surat dengan Tulisan Tangan Einstein Dijual Rp17 Miliar
Albert Einstein [Jackie Ramirez/Pixabay]

Terdapat rumus persamaan Einstein yang membuktikan teori tentang relativitas khusus.

Suara.com - Sebuah surat yang ditulis Albert Einstein kepada fisikawan baru-baru ini dijual kepada seorang kolektor seharga 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp17 miliar melalui lelang.

Surat yang sebelumnya sempat hilang itu menyertakan persamaan E = mc2 yang terkenal dan merupakan salah satu dari hanya empat contoh persamaan yang diketahui dalam tulisan tangan Einstein.

Surat berisi satu halaman yang ditulis dalam bahasa Jerman itu dikirim ke fisikawan Amerika-Polandia Ludwik Silberstein, seorang kritikus terkenal dari beberapa teori Einstein pada saat itu.

Surat yang ditandatangani "A. Einstein" tersebut bertanggal 26 Oktober 1946.

Baca Juga: Kekurangan Chip Industri Otomotif Diprediksi Berlanjut Hingga 2022

Surat itu berada di arsip Silberstein dan baru-baru ini dilelang oleh keluarganya. Dokumen tersebut awalnya diprediksi terjual seharga 400.000 dolar AS, tetapi akhirnya terjual tiga kali lipat setelah adanya perang penawaran.

Tulisan tangan Albert Einstein, rumus E=mc2 dilelang. [RR Auction/AFP]
Tulisan tangan Albert Einstein, rumus E=mc2 dilelang. [RR Auction/AFP]

"E = mc2 adalah persamaan paling terkenal di dunia. Oleh karena itu, ini adalah surat penting dari sudut pandang fisika," kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction, seperti dikutip Live Science pada Jumat (28/5/2021).

Einstein pertama kali menerbitkan persamaan tersebut dalam sebuah makalah ilmiah pada tahun 1905.

Persamaan tersebut memungkinkan Einstein untuk membuktikan teorinya tentang relativitas khusus, yang menyatakan bahwa tidak ada yang dapat bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya dalam ruang hampa.

Relativitas khusus juga mengubah ilmu fisika dengan memperkenalkan konsep ruang-waktu, yang meletakkan dasar bagi teori relativitas umum Einstein selanjutnya, yang diterbitkan pada 1915.

Baca Juga: Surat Albert Einstein 1949 Ditemukan, Prediksi Indra Super Hewan

Dalam surat tersebut, Einstein menulis persamaan itu untuk menyoroti perbedaan energi antara dua massa pada jarak tak terhingga dan jarak tertentu dari satu sama lain.

Para kolektor juga tertarik pada surat itu karena menyebutkan perlunya teori medan terpadu, yaitu teori tunggal yang mengikat semua kekuatan fundamental alam.

Para peneliti baru-baru ini juga melaporkan penemuan surat lain yang ditulis oleh Einstein, yang menunjukkan tentang kemampuan fisik burung dengan indranya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar