alexametrics

NASA Akan Kirim Bayi Cumi-cumi ke Luar Angkasa, untuk Apa?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
NASA Akan Kirim Bayi Cumi-cumi ke Luar Angkasa, untuk Apa?
Bayi cumi-cumi. [NASA]

NASA akan meluncurkan sekitar 5.000 tardigrades atau "beruang air" dan 128 bayi cumi-cumi yang dapat bersinar dalam gelap.

Suara.com - NASA akan meluncurkan sekitar 5.000 tardigrades atau "beruang air" dan 128 bayi cumi-cumi yang dapat bersinar dalam gelap, ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 3 Juni mendatang.

Peluncuran itu merupakan bagian dari misi pasokan kargo ke-22 SpaceX yang akan diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida.

Tardigrades merupakan makhluk yang berukuran sangat kecil, panjangnya hanya 1 milimeter.

Hewan itu memiliki penampilan yang gemuk seperti beruang jika dilihat melalui mikroskop.

Baca Juga: NASA Deteksi Awan Warna-warni Aneh di Mars

Tardigrades mampu bertahan dari radiasi ekstrem, tekanan enam kali lipat dari bagian terdalam lautan, dan ruang hampa total.

Tardigrades (bayi beruang). [University of Oxford]
Tardigrades (bayi beruang). [University of Oxford]

Kemampuan tersebut membuat tardigrades menjadi organisme penelitian yang berguna di ISS.

Nantinya, para astronot dapat mengidentifikasi gen spesifik yang bertanggung jawab atas kemampuan adaptasi hewan tersebut.

"Hewan ini telah terbukti dapat bertahan hidup selama berhari-hari atau berminggu-minggu dengan sedikit atau tanpa oksigen," kata Thomas Boothby, asisten profesor biologi molekuler di University of Wyoming.

Para ahli akan memeriksa hewan itu untuk mencari tanda-tanda adaptasi langsung dan kemampuan jangka panjang, terdapat kehidupan di orbit rendah Bumi.

Baca Juga: NASA Persiapkan Penerbangan ke-6 Helikopter di Mars

Boothby berharap tardigrades akan memberikan wawasan penting untuk terapi masa depan yang dapat melindungi kesehatan astronot selama misi luar angkasa.

Komentar