alexametrics

Apa Itu RAM dan Manfaatnya untuk HP?

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Apa Itu RAM dan Manfaatnya untuk HP?
Tampilan depan Oppo A15 [Dok Antara/HO/Oppo Indonesia]

Kapasitas RAM yang cukup membuat semua aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Suara.com - Sebagai pengguna gadget, Anda pasti tidak asing dengan istilah RAM. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan RAM? Mengapa Anda harus memperhatikan kapasitasnya saat hendak memilih HP?

Berikut ini ada informasi mengenai RAM sebagai referensi Anda. Agar nantinya saat Anda membeli HP lagi, Anda akan lebih memperhatikan kapasitas RAM daripada komponen lain seperti kamera.

Apa Itu RAM?
Random Access memory atau RAM merupakan peranti yang berfungsi menyimpan data instruksi untuk sementara. Perangkat seperti HP atau laptop membutuhkan RAM untuk mengolah berbagai tugas, seperti peluncuran aplikasi.

Namun demikian, bukan berarti makin besar RAM maka semakin bagus kinerja dari HP. Hal ini karena memang tidak semua HP membutuhkan RAM yang terlalu besar untuk bekerja dengan baik. Kinerja HP tanpa RAM besar akan tetap bagus jika chipset, software, dan hardwarenya berkualitas. Contohnya OPPO A15 yang memiliki RAM 3GB tapi tetap mendapat tanggapan positif untuk kinerjanya.

Baca Juga: Spesifikasi OPPO A15, RAM 3GB Performa Ngebut Anti Jebol

Apa Manfaatnya RAM untuk HP?
Adanya RAM membuat HP Anda dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Contohnya adalah saat Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Selama kapasitas RAM mencukupi, semua aplikasi yang Anda buka dapat berjalan dengan baik secara bersamaan.

Selain itu, RAM juga menjaga jalannya aplikasi agar tetap lancar. Saat Anda merasakan loading aplikasi lambat atau cepat, disitulah Anda mengetahui kinerja RAM HP Anda.  Faktor pula yang membuat banyak manufaktur memasarkan HP dengan kapasitas RAM besar.

Jika Anda rutin mematikan ponsel, misalnya saat Anda tidur, maka Anda bisa merasakan manfaat RAM yang mempercepat proses booting pada HP.

Cara Kerja RAM Pada HP
Seperti yang disebutkan di atas bahwa RAM merupakan tempat penyimpanan memori sementara. Di mana memori ini bekerja hanya saat perangkat dalam keadaan hidup.

Misalnya, Anda menyalakan ponsel dan membuka sebuah aplikasi. Sebagian besar data OS dan aplikasi tersebut tersimpan di RAM. Setelah selesai menggunakan aplikasi, data penggunaan Anda tersimpan di RAM. Sehingga jika Anda membuka kembali aplikasi itu, Anda bisa melihat aktivitas terakhir. Dengan kata lain, tidak perlu mengulang pekerjaan.

Baca Juga: Varian RAM 8GB Samsung Galaxy S21 FE Muncul di Geekbench

Jenis-Jenis RAM untuk HP
Berbeda dengan laptop atau komputer, HP menggunakan RAM dengan ukuran yang lebih kecil. RAM jenis ini dinamakan LPDDR (Low Power Double Data Rate). RAM ini juga membutuhkan daya yang lebih sedikit.

Komentar