alexametrics

Sst... Google Assistant Rekam Suara Pengguna Tanpa Diperintah

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Sst... Google Assistant Rekam Suara Pengguna Tanpa Diperintah
Google Assistant. [Shutterstock]

Aplikasi asisten atau Google Assistant dapat merekam suara pengguna meskipun mereka tidak mengucapkan kata perintah "Ok Google".

Suara.com - Google dilaporkan telah mengakui, aplikasi asisten atau Google Assistant dapat merekam suara pengguna meskipun mereka tidak mengucapkan kata perintah "Ok Google".

Hal ini diakui perwakilan Google yang mengatakannya pada pemerintah India.

Disebutkan bahwa rekaman suara pengguna dengan Google Assistant dapat didengar oleh karyawan Google.

Sumber tersebut juga menyatakan bahwa perusahaan mengakui asisten kecerdasan buatan (AI) ini terkadang merekam audio pada smartphone atau speaker pintar, bahkan ketika tidak dipanggil pengguna.

Baca Juga: Google, Facebook, dan Twitter Ancam Cabut dari Hong Kong

Google sebelumnya mengklaim bahwa karyawannya dapat mendengarkan rekaman suara dari yang dikatakan pengguna, ke aplikasi untuk meningkatkan teknologi speech recognition atau pengenalan suara untuk bahasa yang berbeda.

Perusahaan menyebut bahwa sebagian kecil dari audio dapat diakses oleh karyawannya dan mereka tidak mendengarkan percakapan yang sensitif.

Mode Standby di Google Assistant. [Google]
Mode Standby di Google Assistant. [Google]

Sayang, Google tidak mengatakan bagaimana mereka bisa membedakan mana percakapan yang sensitif atau umum.

Di sisi lain, Google telah menanggapi masalah tersebut. Namun Google menolak menanggapi asisten yang diam-diam dapat merekam suara ini.

"Karena ini sidang tertutup, kami tidak dapat mengomentari cerita dari sumber yang tidak disebutkan namanya," kata Google, dikutip dari Android Authority, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Cara Melihat Lokasi Jalan Ditutup selama PPKM Darurat lewat Google Maps

Meski menolak berkomentar, Google membagikan informasi lebih lanjut mengenai cara kerja Google Assistant di ponsel pengguna.

Komentar