alexametrics

Aplikasi DANA Kini Sediakan Fitur Tarik Emas Fisik, Begini Caranya

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Aplikasi DANA Kini Sediakan Fitur Tarik Emas Fisik, Begini Caranya
DANA tarik emas fisik. Sebagai ilustrasi [DANA].

Layanan baru konversi emas digital ke fisik melengkapi kapabilitas yang sebelumnya telah dihadirkan DANA eMAS.

Suara.com - Aplikasi dompet digital DANA telah menambahkan fitur baru untuk DANA eMAS. Selain bisa membeli emas digital, pengguna kini bisa menarik emas fisik yang bisa diantarkan langsung ke rumah.

DANA bakal memberikan opsi pilihan tarik emas fisik sesuai dengan opsi gram yang disediakan, mulai 1, 5, 10, 50, hingga 100 gram.

Untuk menarik emas fisik di DANA, pengguna bisa masuk ke opsi eMAS yang ada di aplikasi. Setelah memilih opsi berapa gram emas yang mau ditarik, pengguna tinggal mengisi alamat pengiriman dan mengkonfirmasi nama, alamat, serta nomor kontak yang diisi dengan benar.

Selanjutnya, pengguna juga dapat melihat jumlah total biaya yang harus dibayarkan. Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran dan emas fisik siap diantarkan ke alamat yang telah terkonfirmasi.

Baca Juga: Gampang Banget! Berikut 4 Cara Edit Background Foto Tanpa Aplikasi

Aplikasi Dana. [Google Play Store]
Aplikasi Dana. [Google Play Store]

Vince Iswara selaku CEO dan Co-Founder DANA menyampaikan, layanan baru tarik emas fisik pada DANA eMAS dikembangkan berdasarkan pemahaman mendalam DANA terhadap perilaku, kebutuhan, dan ekspektasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi emas.

"Dari survei internal DANA, sebanyak 60,9 persen pembeli emas digital melalui DANA eMAS berharap dapat mengkonversikan emas digitalnya ke emas fisik. Lewat DANA eMAS, harapan mayoritas pengguna tersebut kini dapat terwujud dengan cara yang mudah dan terjamin keamanannya," kata Vince dalam rilis yang diterima, Minggu (25/7/2021).

Hadirnya layanan baru konversi emas digital ke fisik melengkapi kapabilitas yang sebelumnya telah dihadirkan DANA eMAS. DANA juga mengembangkan fitur Notifikasi Harga Emas untuk membantu pengguna dalam membuat keputusan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas.

Vince memaparkan, sebanyak 67,7 persen mengatakan membeli pada saat harga emas sedang rendah, 44,6 persen membeli ketika terdapat dana lebih, dan 23,7 persen mengatakan membeli sehabis gajian.

"Berangkat dari fakta tersebut, DANA menyambut gembira antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan fitur DANA eMAS yang kami kembangkan. Bagi DANA, antusiasme tersebut mengkonfirmasi diterimanya misi kami sebagai perusahaan teknologi finansial dalam mengembangkan teknologi digital untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan literasi keuangan," jelasnya.

Baca Juga: Gabung di Aplikasi Clubhouse Kini Tak Perlu Undangan Lagi

Lebih lanjut, DANA mengatakan ini juga hasil dari kerja sama pihak lain seperti PLUANG. Kerja sama ini dibuat untuk mendukung penyediaan emas, baik digital maupun fisik, hingga layanan pengantaran emas fisik ke alamat pengguna DANA.

"Melalui kemudahan, jaminan perlindungan keamanan, dan manfaat dalam berinvestasi emas yang dihadirkan DANA bersama kami, PLUANG berharap literasi keuangan masyarakat meningkat dan mereka, terutama generasi digital, makin menaruh kepercayaan dalam mengelola keuangannya secara bijak dan pintar melalui investasi," ujar Claudia Kolonas, CEO dan Co-Founder PLUANG.