facebook

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku, Skripsi, Jurnal dan internet

Rifan Aditya
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku, Skripsi, Jurnal dan internet
Cara menulis daftar pustaka dari suber buku, jurnal hingga internet - Ilustrasi menulis atau mengetik

Daftar pustaka penting untuk dicantumkan sebagai sumber pada setiap karya ilmiah, makalah, maupun laporan. Lantas, bagaimana cara menulis daftar pustaka?

Suara.com - Daftar pustaka penting untuk dicantumkan sebagai sumber pada setiap karya ilmiah, makalah, maupun laporan. Lantas, bagaimana cara menulis daftar pustaka? Simak penjelasannya berikut ini.

Daftar pustaka sendiri merupakan rangkaian daftar tulisan yang mencantumkan berbagai referensi atau sumber baik itu buku, skripsi, jurnal, makalah, internet, dan lain sebagainya.

Penulisan daftar pustaka ini bermanfaat agar terhindar dari plagiat, wujud apresiasi penulis akan karya orang lain, membangun kredibilitas, dan membantu para pembaca untuk lebih tahu topik terkait.

Ada beberapa unsur yang perlu diketahui saat akan membuat daftar pustaka, beberapa di antaranya yaitu: nama penulis, tahun penerbitan, judul karya atau buku, tempat penerbitan, dan nama penerbit.

Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Internet, Format APA hingga CSE

Nah, berikut ini cara menulis daftar pustaka yang rapi dan benar agar pembacanya juga lebih mudah memahaminya.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Unsur-unsur yang diperlukan yaitu nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbitan, dan nama penerbitan. Setiap unsur wajib menyertakan tanda titik (.) untuk pembatas.

  • Nama Penulis Nama ditulis lebih awal yang kemudian diikuti tanda koma (,), lalu nama tengah. Jika nama penulis terdiri dari dua orang atau lebih, maka yang ditulis terbalik hanya nama pertama saja. Sementara untuk penulis berikutnya ditulis secara lengkap.
  • Tahun terbit buku ditulis setelah nama penulis. Jangan lupa untuk perhatikan edisi cetakan
  • Judul buku ditulis secara lengkap menggunakan tulisan miring atau italic
  • Tempat dan nama penerbit ditulis di bagian akhir yang diawali dengan tempat penerbit kemudian nama penerbit yang dipisahkan oleh tanda titik dua (:)

Contoh: Ajidarma, Seno Gumira. 2003, Negeri Senja. Jakarta: Gramedia

2. Cara Membuat Daftar Pustaka dari Sumber Skripsi

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Tulis Daftar Pustaka dari Internet

Unsur-unsur yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka dari sumber skripsi tidak jauh berbeda dengan dengan susunan daftar pustaka buku. Perbedaannya hanya adanya penambahan jurusan, fakultas, nama perguruan tinggi., dan lokasi perguruan tinggi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar