alexametrics

NASA Tunjuk Falcon Heavy SpaceX, Luncurkan Satelit Cuaca GOES-U

Dythia Novianty
NASA Tunjuk Falcon Heavy SpaceX, Luncurkan Satelit Cuaca GOES-U
Satelit cuaca, GOES-R. [NASA]

NASA telah memilih Falcon Heavy untuk meluncurkan GOES-U.

Suara.com - NASA telah memilih Falcon Heavy untuk meluncurkan Geostationary Operational Environmental Satellite-U (GOES-U).

Rencananya, roket ini akan lepas landas pada April 2024 mendatang dari Kennedy Space Center di Florida.

Sebagaimana melansir dari Space, Minggu (12/9/2021), total biaya peluncuran NASA akan menelan sekitar 152,5 juta dolar AS.

"GOES-U akan memberikan citra canggih dan pengukuran atmosfer dari cuaca Bumi, lautan dan lingkungan, serta pemetaan real-time dari total aktivitas petir dan peningkatan pemantauan aktivitas matahari dan cuaca luar angkasa," terang Pejabat NASA.

Baca Juga: Asap Terlihat di Stasiun Luar Angkasa, Picu Alarm Peringatan Kebakaran

GOES-U akan menjadi pesawat ruang angkasa keempat dan terakhir dalam seri GOES-R, sebuah kolaborasi antara NASA dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA).

Satelit cuaca ini dioperasikan NOAA, mengamati Bumi dari orbit geostasioner, 22.236 mil (35.785 kilometer) di atas permukaan planet.

Logo SpaceX. [Patrick T. Fallon/AFP]
Logo SpaceX. [Patrick T. Fallon/AFP]

Falcon Heavy hanya memiliki tiga lepas landas hingga saat ini, tetapi siap melakukan latihan yang cukup dalam waktu dekat.

Misalnya, peluncuran roket dalam dua misi rahasia untuk Angkatan Luar Angkasa AS selama beberapa bulan ke depan.

Ini juga akan meningkatkan, di antara muatan lainnya, probe asteroid Psyche NASA pada Agustus 2022, misi Europa Clipper agensi pada Oktober 2024, dan bagian besar pertama dari stasiun ruang angkasa yang mengorbit di bulan Gateway NASA pada November 2024.

Baca Juga: SpaceX Akan Kirim Lagu Berbentuk NFT Pertama ke Luar Angkasa

Komentar