alexametrics

Boyong Inspiration4, Kapsul SpaceX Sukses Kembali ke Bumi Mendarat di Samudra Atlantik

Dythia Novianty
Boyong Inspiration4, Kapsul SpaceX Sukses Kembali ke Bumi Mendarat di Samudra Atlantik
Inspiration4. [Handout/Inspiration4/AFP]

SpaceX dengan aman mengembalikan pesawat ruang angkasa Crew Dragon dari orbit pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Suara.com - SpaceX dengan aman mengembalikan pesawat ruang angkasa Crew Dragon dari orbit pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat, dengan kapsul yang membawa empat anggota misi Inspiration4 kembali ke Bumi setelah tiga hari berada di luar angkasa.

Sebagaimana melansir CNBC, Minggu (19/9/2021), kapsul Crew Dragon Resilience tercecer di lepas pantai Cape Canaveral, Florida di Samudra Atlantik.

Elon Musk mentweet ucapan selamatnya kepada kru tak lama setelah splashdown.

Pendaratan Inspiration4. [Twitter]
Pendaratan Inspiration4. [Twitter]

Misi pribadi ini mencakup komandan Jared Isaacman, pilot Sian Proctor, petugas medis Hayley Arceneaux dan spesialis misi Chris Sembroski, mengorbit Bumi pada ketinggian setinggi 590 kilometer, berada di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Baca Juga: Elon Musk Puja-puji China, Diduga Demi Perbaiki Citra Negatif Tesla

Posisi ini adalah manusia terjauh telah melakukan perjalanan di atas permukaan dalam beberapa tahun.

Sebuah penerbangan luar angkasa yang terbang bebas, kapsul tidak berlabuh di ISS melainkan mengelilingi Bumi secara independen dengan kecepatan 15 orbit per hari.

Inspiration4 membagikan foto-foto dari waktu kru di orbit, memberikan pemandangan luas dari jendela "cungkup" pesawat ruang angkasa.

Cuitan Elon Musk. [Twitter]
Cuitan Elon Musk. [Twitter]

Ini adalah ketiga kalinya SpaceX mengembalikan astronot dari luar angkasa, dan untuk kedua kalinya kapsul ini, yang sebelumnya menerbangkan misi Crew-1 untuk NASA dalam perjalanan yang kembali pada Mei lalu.

Kedua misi astronot SpaceX sebelumnya jatuh di Teluk Meksiko, menjadikannya yang pertama yang kembali di Samudra Atlantik.

Baca Juga: Persiapan SpaceX Elon Musk Kirim Turis ke Luar Angkasa selama 3 Hari

Misi ini juga dilengkapi dengan beberapa tonggak sejarah lain untuk perusahaan Elon Musk, seperti sebagai penerbangan luar angkasa SpaceX pribadi pertama, kru non-profesional pertama yang menjadi astronot.

Disebt juga, pilot pesawat ruang angkasa perempuan wanita kulit hitam pertama, astronot Amerika termuda hingga saat ini, dan orang pertama yang terbang dengan prostesis.

Inspiration4 dibayar oleh Isaacman untuk jumlah yang tidak diungkapkan, dengan tujuan utama penerbangan luar angkasa untuk mengumpulkan 200 juta dolar AS untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Isaacman, seorang pengusaha miliarder, menyumbangkan 100 juta dolar AS secara pribadi, dengan misi tersebut telah mengumpulkan sumbangan lagi sebesar 53,8 juta dolar AS pada Sabtu malam, menurut situs web misi tersebut.

Komentar