alexametrics

PBESI Siapkan Program untuk Jaring Talenta Esports di Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
PBESI Siapkan Program untuk Jaring Talenta Esports di Indonesia
Pertandingan esports PON Papua mulai digelar Selasa (21/9/2021). [Suara.com/Dicky Prastya]

PBESI sudah menyiapkan rencana bertahap, membangun talenta esports Indonesia dari tahun 2022 akhir atau 2023.

Suara.com - Wakil Ketua Umum atau Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo menyebut telah menyiapkan rencana untuk program baru dalam mencari bibit-bibit unggul menjadi talenta esports Indonesia.

Program ini ditujukan agar PBESI bisa menjaring talenta yang akan dipersiapkan di turnamen esports internasional.

"Kami sudah menyiapkan rencana bertahap, membangun dari tahun 2022 akhir atau 2023 awal untuk memperoleh bibit-bibit unggul anak bangsa untuk bertanding di ajang esports internasional," kata Bambang dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

Menurut Bambang, esports Indonesia banyak dipenuhi oleh remaja generasi milenial, di mana mereka memiliki sifat yang aktif, kreativitas, dan banyak inovasi.

Baca Juga: Pendapatan Industri Game di Indonesia Tembus Rp 30 Triliun di 2021

Terkait rencana turnamen esports internasional seperti Sea Games, Bambang mengaku sudah mulai membicarakan dan bekerja sama dengan pihak terkait seperti KONI.

Ia menginginkan agar esports di Indonesia bisa berkembang melewati batas, tidak hanya untuk kepentingan individu maupun kelompok tertentu.

"Di dunia game ini, esports, kita melintas batas, untuk mencarikan yang terbaik demi bangsa ini. Seperti itu yang kami terapkan di esports ini," ujarnya.

Kemudian, PBESI juga sedang mencari solusi bagaimana esports ini bisa menjadi suatu program yang bisa diterima, baik itu untuk pendidikan maupun masyarakat.

"Ini adalah masa depan. Esports ini juga bisa mendorong perekonomian juga," ujarnya.

Baca Juga: PBESI Tak Sediakan Gawai untuk Atlet Esports PON XX Papua 2021

Dengan demikian, Bambang mengharapkan upaya ini bisa mencari talenta esports terbaik yang siap mengharumkan nama bangsa, baik itu di lokal maupun internasional.

Komentar