alexametrics

Kominfo Ceritakan Awal Mula Pembuatan Aplikasi PeduliLindungi

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Kominfo Ceritakan Awal Mula Pembuatan Aplikasi PeduliLindungi
Seorang warga menunjukan aplikasi PeduliLindungi yang telah diinstal pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1/2021). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa].

Aplikasi PeduliLindungi muncul karena situasi darurat.

Suara.com - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menceritakan awal mula pembuatan aplikasi PeduliLindungi.

Ia mengaku, aplikasi PeduliLindungi muncul karena situasi darurat, di mana aplikasi bisa melacak kegiatan (tracing) masyarakat meskipun di tengah pandemi Covid-19. Lalu lahirlah sebuah ide dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo.

"Inisiatifnya dari PPI, bukan dari kami. Aptika tugasnya mengawasi perlindungan data pribadi," tutur Semuel dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021).

Kemudian, Aptika meminjamkan akun untuk membuat aplikasi di Google Play Store dan App Store. Barulah pembuatan aplikasi dilakukan oleh PPI yang bekerja sama dengan Telkom.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin pada Website dan Aplikasi PeduliLindungi

"Ini di-develop sama PPI yang bekerja sama dengan Telkom. Terus dikaji sama menteri agar dibuat SK. Baru nantinya diterapkan," jelas Semuel.

Sebelum meluncurkan PeduliLindungi, Kominfos sebenarnya Maret 2020 sempat meluncurkan aplikasi Tracetogether. Tetapi aplikasi itu diganti pada bulan yang sama karena mirip dengan nama aplikasi dengan fungsi yang sama dari Singapura.

Semuel mengatakan aplikasi PeduliLindungi bisa dimanfaatkan agar masyarakat bisa beraktivitas selama pandemi. Sebab, sampai saat ini belum diketahui kapan pandemi bisa berakhir.

Semuel mengaku saat ini pihak Kementerian Kesehatan dan Telkom masih membenahi tata kelola aplikasi. Nantinya, akun yang dibuat dari Aptika itu akan dipindahkan ke Kemenkes maupun Telkom.

"Sekali lagi dari awal Aptika bukan pengelola, ini masih dibenahi," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Uji Coba Pakai Pedulilindungi untuk Sekolah yang Gelar PTM

Lebih lanjut, ia juga mengaku telah mendapatkan masukan untuk membenahi aplikasi PeduliLindungi dari Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF). Nantinya masukan itu akan diarahkan ke pihak yang membuat aplikasi.

"Kita sangat responsif untuk masukan ini, walaupun saya tidak terlibat langsung. Jadi saya menyalurkan, ini ada masukan dari teman-teman, tolong direspons," jelasnya.

Komentar