alexametrics

WhatsApp Down, Pengguna Ramai-ramai Beralih ke Telegram dan Signal

Dythia Novianty | Dicky Prastya
WhatsApp Down, Pengguna Ramai-ramai Beralih ke Telegram dan Signal
Telegram. [Christian Wiediger/Unsplash]

Signal dan Telegram menerima lonjakan unduhan dan pendaftaran pengguna baru selama layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook down.

Suara.com - Signal dan Telegram menerima lonjakan unduhan dan pendaftaran pengguna baru selama layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook down, Senin (4/10/2021) malam.

Dilansir Bloomberg, Selasa (5/10/2021), jutaan pengguna baru dilaporkan telah bergabung ke Signal.
Sementara untuk Telegram, melonjak ke atas dalam data unduhan iPhone AS, menurut Sensor Tower.

"Jutaan pengguna baru telah bergabung ke Signal hari ini dan fitur pesan maupun panggilan kami mulai aktif. Tapi beberapa orang tidak melihat semua kontak teman mereka muncul di Signal. Kami sedang bekerja keras untuk memperbaikinya," ujar Signal lewat akun Twitter.

Facebook, Instagram, dan WhatsApp down selama kurang lebih enam jam. Ini berdampak pada 2,7 miliar pengguna layanannya yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga: WhatsApp dan Instagram Gangguan Semalam, Pria Ini Rugi Puluhan Triliun

Alhasil gangguan ini menjadi keuntungan bagi media sosial lain. Twitter misalnya, media sosial ini menjadi alternatif pengguna untuk mencuitkan keluhannya.

Bahkan CEO Twitter, Jack Dorsey mengunggah tweet untuk mengajak pengguna beralih ke Signal sebagai alternatif WhatsApp.

Cuitan Signal. [Twitter]
Cuitan Signal. [Twitter]

Signal adalah aplikasi perpesanan yang fokus pada privasi. Dalam kebijakannya, Signal mengklaim tidak mengumpulkan data apapun tentang penggunanya.

Dengan begitu, mereka bisa menghindari apabila pemerintah menekan Signal untuk mengungkap data pribadi pengguna. Signal pun menjadi aplikasi favorit untuk melakukan percakapan secara aman.

Baca Juga: Begini Penjelasan Facebook, Instagram dan WhatsApp Kenapa Semalam Down

Komentar