alexametrics

Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup: Bergerak hingga Reproduksi

Rifan Aditya
Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup: Bergerak hingga Reproduksi
Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup: Bergerak hingga Reproduksi - Kanguru binatang khas Australia. (Instagram/@australia)

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai apa saja ciri-ciri makhluk hidup, dilansir dariScience Learning Hub Pokapu Akoranga Putaiao.

Suara.com - Ketika Anda melihat dunia di sekitar Anda, bagaimana Anda mengkategorikan atau mengelompokkan apa yang Anda lihat? Salah satu pengelompokan yang paling luas adalah 'hidup' dan 'tidak hidup'. Inilah pentingnya mengenal ciri-ciri makhluk hidup.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi terkadang sulit untuk memutuskan apakah sesuatu itu benar-benar hidup atau tidak. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai apa saja ciri-ciri makhluk hidup, dilansir dari Science Learning Hub Pokapu Akoranga Putaiao.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Semua makhluk hidup berbagi proses kehidupan seperti pertumbuhan dan reproduksi. Sebagian besar ilmuwan menggunakan tujuh proses atau karakteristik kehidupan untuk menentukan apakah sesuatu itu hidup atau tidak hidup.

Baca Juga: Manfaat Energi Matahari bagi Makhluk Hidup

Setidaknya ada tujuh ciri-ciri makhluk hidup yang bisa dipelajari, seperti penjelasan berikut.

1. Bergerak

Ciri-ciri makhluk hidup yang pertama adalah bergerak. Semua makhluk hidup bergerak dengan cara tertentu.

Beberapa pergerakannya mungkin terlihat jelas, seperti hewan yang bisa berjalan, atau pergerakan yang tidak disadari seperti tanaman yang memiliki bagian yang bergerak untuk melacak pergerakan matahari.

2. Respirasi atau Pernapasan

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Hewan Vertebrata yang Hidup di Air, Apa saja?

Respirasi adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam sel untuk melepaskan energi dari makanan. Misalnya, makanan  yang dimakan cacing tanah memasok tubuh mereka dengan molekul kaya energi seperti glukosa.

Komentar