alexametrics

HP 5G Sumbang 36 Persen dari Total Penjualan Ponsel Oppo di Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
HP 5G Sumbang 36 Persen dari Total Penjualan Ponsel Oppo di Indonesia
Harga Oppo Reno6 Pro 5G mulai Rp 11 juta. [Oppo Indonesia]

Oppo Indonesia banyak mengeluarkan ponsel 5G di Tanah Air pada 2021.

Suara.com - Oppo Indonesia mengaku masyarakat Indonesia semakin berminat dengan HP 5G. Terbukti, ponsel 5G menyumbang 36 persen dari total penjualan seluruh ponsel Oppo di Indonesia.

"Di kuartal tiga (Q3) 2021, HP 5G Oppo menyumbang sekitar 36 persen, dibandingkan dengan 64 persen perangkat 4G. Itu lumayan lah," ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, saat ditemui di Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Aryo membandingkan, angka ini jauh lebih meningkat dari kuartal empat (Q4) 2020. Di periode itu, penjualan ponsel 5G Oppo hanya menyumbang 12 persen.

Peningkatan ini juga disebabkan lantaran Oppo Indonesia mulai banyak mengeluarkan ponsel 5G tahun ini, tepatnya ada enam model ponsel 5G. Sementara pada 2020, Oppo Indonesia hanya merilis dua smartphone 5G.

Baca Juga: Harga HP Oppo di Indonesia Tak Akan Naik Meski Krisis Chip

Alasan lainnya, operator seluler Indonesia juga mulai gencar memperkenalkan internet 5G. Oppo mengaku penjualan ponsel 5G mulai naik pada bulan Mei, Juni, dan puncaknya terjadi pada Juli 2021.

"Juli paling tinggi karena sudah banyak operator yang testing (internet 5G), meski cuma terbatas. Jadi rangsangannya di sana," tutur Aryo.

Sayangnya, ujar Aryo, penjualan ponsel 5G Oppo Indonesia kembali turun pada November ini. Ia memperkirakan penurunan ini disebabkan karena operator seluler sudah tak memberikan informasi lagi soal perkembangan 5G.

"Saat ini tergantung operator, karena 5G tak begitu merata kan di Indonesia. Wilayahnya pun masih terbatas. Sekarang sih naik turun, tergantung apa yang dilakukan operator nanti," ujar Aryo.

Baca Juga: TKDN Naik Jadi 35 Persen, Oppo: Kami Sudah 36 Persen

Komentar