facebook

Fungsi Rangka Manusia dan Cara Merawatnya

Rifan Aditya
Fungsi Rangka Manusia dan Cara Merawatnya
Fungsi Rangka Manusia dan Cara Merawatnya - Ilustrasi kerangka tubuh manusia (Dok. Elements Envato)

Apa fungsi rangka manusia? Bagaimana cara menjaganya? Simak penjelasannya di bawah!

Suara.com - Tahukah anda bahwa bentuk tubuh pada diri ini dapat terbentuk dengan kokoh karena adanya, sistem tersebut dikenal dengan sebutan sistem rangka. Apakah fungsi rangka manusia hanya menyangga tubuh saja?

Ternyata fungsi rangka manusia tidak hanya itu saja. Sistem rangka manusia terbagi menjadi beberapa komponen penyusun, diantaranya adalah semua tulang, tulang rawan, tendon, dan ligamen di dalam tubuh.

Apa fungsi rangka manusia? Bagaimana cara menjaganya? Simak penjelasannya di bawah!

Pengertian Rangka Manusia

Baca Juga: Kenali Fungsi Tulang Pengumpil pada Tubuh Manusia

Mengutip dalam beberapa sumber rangka adalah alat gerak pasif yang ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup, mengapa dikatakan sebagai alat gerak pasif karena fungsinya hanya sebagai tempat melekatnya otot dan tempat pembentukan sel darah.

Selain itu, setiap gerakan yang dilakukan tubuh kita adalah hasil kerja sama yang terjadi antara rangka dan otot. Keduanya merupakan sistem yang sangat penting dalam menunjang aktivitas kita setiap harinya, fakta menariknya tulang yang ada di dalam tubuh kita memiliki kekuatan yang lebih kuat dibanding beton padat yang sama beratnya. Namun tulang tetap terasa ringan sehingga kita bisa berjalan dan berlari.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam tubuh kita terdapat beberapa jenis rangka yang masing-masing memiliki tugas dan bentuknya masing-masing. Salah satunya adalah rangka apendikular, jenis rangka ini terbagi lagi menjadi tiga jenis yakni pipa, pendek dan pipih.

Fungsi Rangka Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa setiap rangka yang ada di dalam tubuh kita memiliki bentuk dan karakteristik masing-masing, disamping itu juga rangka pada manusia memiliki beberapa fungsi, yakni sebagai berikut:

Baca Juga: 3 Fungsi Tulang Hasta untuk Lengan Manusia

1. Menegakkan Tubuh

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar