alexametrics

6 Sifat-sifat Cahaya yang Perlu Anda Pahami

Rifan Aditya
6 Sifat-sifat Cahaya yang Perlu Anda Pahami
6 Sifat-sifat Cahaya yang Perlu Anda Pahami - Ilustrasi cahaya dari proyektor (Shutterstock).

Apa saja sifat-sifat cahaya yang juga dapat kita amati secara langsung? Berikut ini penjelasannya.

Suara.com - Manusia tidak dapat melihat benda ketika berada dalam kegelapan, atau dalam kata lain, tanpa kehadiran berkas cahaya. Hal ini merupakan satu dari sifat-sifat cahaya yang ada, dan akan menarik jika kita telisik lebih jauh mengenai beberapa sifat lainnya.

Apa saja sifat-sifat cahaya yang juga dapat kita amati secara langsung? Berikut ini penjelasannya.

Sifat-Sifat Cahaya

1. Cahaya Merambat Lurus

Baca Juga: 5 Sifat-sifat Magnet yang Perlu Anda Ketahui

Sifat cahaya yang pertama adalah merambat lurus. Memang tampaknya seperti membentuk corong yang melebar ketika keluar dari senter atau sumber cahaya lain, namun pada dasarnya berkas cahaya selalu merambat lurus. Hanya saja sumber cahayanya yang mungkin berbeda arah pancarannya.

2. Cahaya Bisa Dipantulkan

Selain merambat lurus, cahaya juga dapat dipantulkan. Ini jadi sifat-sifat cahaya yang kedua. Ketika bertemu dengan permukaan benda, cahaya akan memantul. Hal ini yang membuat manusia bisa melihat berbagai benda di sekitarnya. Pantulan ini sejajar, ketika bertemu dengan permukaan datar.

3. Cahaya Bisa Mengalami Interferensi

Sifat cahaya yang ketiga adalah bisa mengalami interferensi, yakni penggabungan dari dua gelombang cahaya atau lebih, sehingga memungkinkan untuk merambat melalui udara, air, benda padat, hingga ruang hampa udara dengan panjang gelombang yang berbeda-beda.

Baca Juga: Sifat Asam: Merusak Tapi Ada Manfaatnya untuk Tubuh

4. Cahaya Dapat Diuraikan

Komentar