alexametrics

Layanan Shopee Terganggu Akibat Kebakaran Gedung Cyber

Liberty Jemadu
Layanan Shopee Terganggu Akibat Kebakaran Gedung Cyber
Layanan Shopee di Indonesia terganggu akibat terbakarnya Gedung Cyber di Jaksel. Foto: Petugas pemadam kebakara beristirahat usai memadamkan kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Jakarta, Kamis (2/12/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sejak Kamis siang sejumlah pengguna Shopee telah mengeluhkan kendala saat mengakses aplikasi ecommerce tersebut.

Suara.com - Shopee, pada Kamis (2/12/2021) mengatakan bahwa beberapa layanannya di Indonesia terganggu akibat terbakarnya Gedung Cyber di Jakarta Selatan.

"Dikarenakan kebakaran di Gedung Cyber, beberapa layanan Shopee dan juga layanan mitra kami mengalami gangguan," terang Radynal Nataprawira, Head of Public Affairs dalam keterangannya kepada Suara.com.

Gedung Cyber merupakan salah satu fasilitas penyimpanan server atau pusat data dari sejumlah perusahaan teknologi di Tanah Air, termasuk Shoppe.

Sejak Kamis siang sejumlah pengguna Shopee telah mengeluhkan kendala saat mengakses aplikasi ecommerce tersebut. Sebagian besar keluhan disampaikan lewat media sosial Twitter.

Baca Juga: 20 Menit Terjebak saat Gedung Cyber Terbakar, Seto Tewas karena Hirup Kepulan Asap

Meski demikian Radynal menjamin bahwa layanan Shopee, terutama data serta akun para pengguna dalam kondisi aman dan dapat segera digunakan normal dalam waktu dekat.

"Para pengguna dan mitra tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali. Semua data dan akun juga dalam kondisi yang aman," kata dia.

Sebelumnya diwartaka telah terjadi kebakaran di Gedung Cyber I di kawasan Mampang, Jaksel pada Kamis siang. Kebakaran diduga dipicu oleh hubungan arus pendek.

Kebakaran diduga bermula dari lantai dua Gedung. Hingga Kamis malam diketahui terdapat dua korban tewas akibat kebakaran tersebut.

Pemadam kebakaran sendiri menerjunkan 22 unit mobil pemadam kebakaran dan lebih dari 1000 personel untuk mengatasi kobaran api. Hingga Kamis malam kebakaran sudah bisa diatasi.

Baca Juga: Kondisi Gedung Cyber 1 Pascakebakaran

Komentar