alexametrics

Sempat Hilang Misterius, TikTok Kembalikan Fitur Tanya Jawab

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Sempat Hilang Misterius, TikTok Kembalikan Fitur Tanya Jawab
Ilustrasi aplikasi TikTok. [Shutterstock]

Fitur tanya jawab atau QnA TikTok sendiri memungkinkan pengguna untuk mengirim pertanyaan ke kreator.

Suara.com - TikTok dilaporkan bakal mengembalikan lagi fitur tanya jawab (QnA) dengan lebih banyak opsi. Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada awal tahun, namun tiba-tiba menghilang beberapa bulan kemudian.

Fitur QnA TikTok sendiri memungkinkan pengguna untuk mengirim pertanyaan ke kreator. Ini mirip dengan apa yang sudah ada di Instagram.

Upaya TikTok untuk mengembalikan lagi fitur QnA pertama kali ditemukan konsultan media sosial, Matt Navarra. Berbeda dengan versi sebelumnya, QnA TikTok baru ini akan memberi opsi yang memungkinkan pengguna lain menjawab pertanyaan.

Dilansir dari 9to5mac, Jumat (3/12/2021), pengguna juga dapat memilih apakah opsi tanya jawab ini mau terlihat di profil mereka atau tidak. Kemudian, mereka juga bisa memilah siapa yang dapat diundang untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Fresh Graduate Curhat Gaji Rp 5,5 Juta, Minta Hacker Indonesia Bobol Situs Judi

Dalam screenshot yang dibagikan Navarra, kreator TikTok dapat membatasi apakah kolom QnA bisa dilihat oleh semua orang, followers, pengguna yang mengikuti profil mereka kembali (followback), hingga tidak sama sekali. Jika kreator menonaktifkan fitur QnA, maka pertanyaan dan jawaban juga tidak akan muncul di profil mereka untuk orang lain.

Selain itu, TikTok juga tengah menyiapkan fitur baru yang disebut Ask on TikTok. Fitur ini bersifat terbuka dan memungkinkan pengguna bisa mengajukan pertanyaan masing-masing.

Dari screenshot yang diperlihatkan, Ask on TikTok menampilkan kolom berisi pertanyaan sekaligus semua jawaban yang terekam. Jawaban ini tetap dihadirkan dalam bentuk video.

Lebih lanjut, TikTok juga segera menghadirkan opsi untuk menandai (tag) orang lain dalam video. Dengan ini, kreator bisa lebih mudah menunjukkan ke pengguna lain siapa yang bersamanya di video tersebut.

Baca Juga: Cara Live di TikTok, Termasuk yang Followersnya di Bawah 1000 Orang

Komentar