alexametrics

Sony Siapkan Layanan Baru, Pesaing Xbox Game Pass

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Sony Siapkan Layanan Baru, Pesaing Xbox Game Pass
Logo Sony PlayStation. (Sony)

PlayStation Sony dilaporkan tengah menyiapkan layanan berlangganan baru yang bakal bersaing dengan Xbox Game Pass milik Microsoft.

Suara.com - Divisi PlayStation Sony dilaporkan tengah menyiapkan layanan berlangganan baru yang bakal bersaing dengan Xbox Game Pass milik Microsoft.

Layanan dengan kode nama Spartacus ini, memungkinkan pengguna konsol PlayStation (PS) berlangganan bulanan ke katalog yang berisi permainan modern maupun klasik.

Rencananya, layanan baru ini akan tersedia untuk pengguna PS4 dan PS5 yang diluncurkan pada musim semi Amerika Serikat pada 2022, sebagaimana diwartakan NDTV, Selasa (7/12/2021).

Saat diluncurkan, layanan baru Sony ini akan menggabungkan dua paket berlangganan yang sudah ada, PlayStation Plus dan PlayStation Now.

Baca Juga: Terekam dalam Video Pedofilia di Youtube, Petinggi Sony Dipecat

PlayStation Plus adalah layanan yang menyediakan game multiplayer online hingga beberapa judul game yang bisa dimainkan gratis.

Sedangkan PlayStation Now adalah layanan yang menawarkan pengguna untuk melakukan live streaming dan mengunduh game lama.

Xbox Game Pass Ultimate. [Xbox.com]
Xbox Game Pass Ultimate. [Xbox.com]

Dari dokumen yang ditinjau, Sony berencana mempertahankan layanan PlayStation Plus tapi menghentikan PlayStation Now.

Menurut laporan yang diungkap Bloomberg, layanan Spartacus milik Sony ini terdiri dari tiga tier. Tier pertama berisi semua konten yang ada di PlayStation Plus.

Lalu tier kedua berisi katalog game PS4 dan PS5. Sementara tier ketiga mencakup demo game, game streaming, dan katalog game lawas dari konsol PS1, PS2, PS3, dan PSP.

Baca Juga: Cara Menulis Word di HP, Mudah dan Praktis

Sony memang unggul dalam penjualan konsol PlayStation dari pesaingnya, Xbox buatan Microsoft. Namun mereka masih kalah dalam hal layanan berlangganan.

Dengan Spartacus, Sony bakal makin bersaing dengan fitur berlangganan Xbox yang sudah populer.

Di sisi lain, Xbox Game Pass, yang sering dijuluki Netflix dari kategori game, telah memiliki lebih dari 18 juta pelanggan.

Layanan ini memungkinkan pengguna membayar 10 hingga 15 dolar AS (Rp 144.000-216.000) per bulan untuk akses tak terbatas ke beberapa ratus game.

Komentar