facebook

MediaTek Pastikan Dimensity 9000 Tersedia di Ponsel Oppo, Vivo, hingga Xiaomi

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
MediaTek Pastikan Dimensity 9000 Tersedia di Ponsel Oppo, Vivo, hingga Xiaomi
Prosesor Dimensity 9000 akan hadir dalam ponsel-ponsel keluaran triwulan pertama 2022.[Dok Mediatek]

Oppo memastikan bahwa ponsel Find X selanjutnya bakal membawa Dimensity 9000. Sementara Xiaomi menghadirkannya di Redmi K50.

Suara.com - MediaTek baru saja merilis chipset kelas flagship, Dimensity 9000. Prosesor baru ini dipastikan meluncur di ponsel Oppo, Vivo, Xiaomi, hingga Honor.

"Dimensity 9000 adalah tonggak sejarah bagi MediaTek, menunjukkan kebangkitan kami dengan hadirnya chipset smartphone 5G. Kehadiran chipset ini menunjukkan bahwa MediaTek dan seri Dimensity kami telah memasuki fase inovasi baru,” jelas Yenchi Lee, Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek dalam keterangan resmi, Selasa (21/12/2021).

Lee menambahkan, ponsel dengan Dimensity 9000 bakal debut pada kuartal pertama 2022 nanti. Sayang tidak ada informasi kapan tanggal pasti peluncuran ponsel itu.

Namun Oppo memastikan bahwa ponsel Find X selanjutnya bakal membawa Dimensity 9000. Sementara Xiaomi menghadirkannya di Redmi K50.

Baca Juga: Xiaomi 12 Meluncur 28 Desember, Dipacu Snapdragon 8 Gen 1

“Saya sangat senang dapat menyampaikan bahwa flagship Find X berikutnya akan menjadi yang pertama diluncurkan dengan platform flagship Dimensity 9000," ujar Henry Duan, Vice President OPPO.

"Dimensity 9000 menawarkan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya, lompatan nyata dari generasi sebelumnya, dan saya sangat bersemangat untuk komersialisasi resmi chipset ini pada seri Redmi K50 kami," kata Lu Weibing, General Manager Redmi.

Dimensity 9000 adalah chipset smartphone pertama di dunia yang dibangun dengan teknologi fabrikasi TMSC N4 (kelas 4nm) yang diklaim sangat efisien.

Dimensity 9000 mengintegrasikan arsitektur CPU Armv9 mutakhir untuk pengalaman smartphone kelas flagship yang sesungguhnya. CPU octa-core memiliki satu core Cortex-X2 yang beroperasi hingga 3,05GHz, tiga core kinerja A710 yang beroperasi hingga 2,85GHz, dan empat core efisiensi Cortex-A510.

Dengan LPDDR5X terintegrasi yang mendukung hingga 7500Mbps, bersama dengan cache L3 8MB dan cache sistem 6MB, Dimensity 9000 diciptakan untuk permintaan bandwidth yang sangat besar dari pasar seluler.

Baca Juga: MediaTek Ungkap Hasil Benchmark Dimensity 9000, Disebut Ungguli Snapdragon 8 Gen 1

Selain itu, chipset ini mengintegrasikan Application Processor Unit (APU 5.0) generasi kelima dari MediaTek, yang menawarkan peningkatan efisiensi daya empat kali lebih baik dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya. Peningkatan ini memberikan keseimbangan ideal antara kinerja dan efisiensi daya untuk berbagai pengalaman multimedia AI, game, kamera dan video.

Komentar