facebook

YouTube Uji Coba Fitur Smart Downloads di Perangkat Android

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
YouTube Uji Coba Fitur Smart Downloads di Perangkat Android
YouTube, sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Smart Downloads dinilai cocok untuk mereka yang kerap bepergian di luar rumah.

Suara.com - Google dilaporkan tengah menguji coba fitur Smart Downloads untuk beberapa pengguna Android. Fitur Smart Downloads memungkinkan pengguna bisa mengunduh kumpulan video setiap minggu berdasarkan algoritma untuk video yang direkomendasikan.

Sebagaimana diwartakan XDA Developers, Minggu (16/1/2022), fitur Smart Downloads sudah bisa didapatkan sebagian pengguna YouTube di Eropa. Aplikasi akan mengarahkan pengguna untuk mendaftar fitur tersebut.

Setelah mendaftar, YouTube akan mengunduh 20 video setiap minggu apabila perangkat terhubung dengan jaringan Wifi. Video itu dikurasi berdasarkan algoritma yang menganalisis riwayat (history) dan genre video yang selama ini ditonton.

Ilustrasi Android. [Pixabay/andrekheren]
Ilustrasi Android. [Pixabay/andrekheren]

Video yang diunduh ini akan muncul di playlist offline, bersamaan dengan video lain yang sudah diunduh secara manual sebelumnya.

Baca Juga: Baby Shark Jadi Video YouTube Terbanyak Ditonton, Tembus 10 Miliar Views

Sebenarnya fitur Smart Downloads ini sudah ada di YouTube, tapi hanya dikhususkan untuk platform YouTube Music. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik yang diunduh otomatis dari aplikasi.

Meskipun fitur ini kedengarannya tidak terlalu penting, Smart Downloads dinilai cocok untuk mereka yang kerap bepergian di luar rumah atau memiliki data seluler terbatas.

Smart Downloads ini juga akan memperingatkan pengguna jika mereka memiliki sedikit memori. Sehingga, pengguna bisa menghapus beberapa video yang sudah diunduh sebelumnya untuk memberikan memori lebih banyak.

Sejauh ini fitur hanya tersedia untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 12. Cara mengecek apakah fitur Smart Downloads sudah tersedia di YouTube bisa dilakukan dengan klik Settings > Try new features.

Baca Juga: 7 Cara Download Story Instagram Pakai Musik dan Tanpa Aplikasi Tambahan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar