facebook

Bulan Mungil Saturnus Diprediksi Sembunyikan Lautan Dalam

Iwan Supriyatna | Lintang Siltya Utami
Bulan Mungil Saturnus Diprediksi Sembunyikan Lautan Dalam
Bulan Saturnus, Enceladus. [NASA]

Saturnus memiliki bulan populer seperti Enceladus dan Titan yang menjadi pusat perhatian misi NASA di masa depan.

Suara.com - Saturnus memiliki bulan populer seperti Enceladus dan Titan yang menjadi pusat perhatian misi NASA di masa depan. Namun, penelitian baru mengungkap bulan mungil milik Saturnus bernama Mimas mungkin menyembunyikan lautan dalam.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Icarus memaparkan bukti yang menunjukkan bahwa Mimas memiliki cairan jauh di bawah permukaan esnya.

"ika Mimas memiliki lautan, itu mewakili kelas baru untuk satelit alami dengan lautan kecil," kata Alyssa Rhoden, penulis utama penelitian dalam pernyataan Southwest Research Institute.

Dilansir dari CNET pada Jumat (21/1/2022), Mimas mungkin terlihat tenang, namun pesawat luar angkasa Cassini NASA yang mempelajari Saturnus mengidentifikasi librasi dalam rotasi bulan, yang sering merujuk pada benda aktif geologis yang mampu mendukung lautan dalam.

Baca Juga: Waduh, NASA Terancam Kekurangan Astronot untuk Misinya di Masa Depan

Data yang dikumpulkan Cassini menunjukkan interior Mimas cukup hangat untuk menampung lautan cair, tetapi tidak begitu hangat sehingga memunculkan lapisan es tebal. Para peneliti memperkirakan lapisan es bisa setebal 31 km.

Planet atau bulan yang kemungkinan memiliki lautan dalam sangat menarik bagi para ahli karena itu mungkin layak huni untuk kehidupan mikroba.

Bulan-bulan berukuran lebih besar cenderung memiliki aktivitas geologis di permukaannya. Sementara itu, Mimas memiliki ukuran yang lebih kecil namun pandai menyembunyikan cairannya, jika memang ada.

"Kemungkinan permukaan Mimas menipu kami dan pemahaman baru kami telah memperluas definisi dunia yang berpotensi layak huni di tata surya," tambah Rhoden.

Meski begitu, para ilmuwan belum siap untuk menyatakan bahwa Mimas memiliki lautan dalam karena proses pembentukan dan evolusinya masih menjadi misteri.

Baca Juga: Cara Pakai What Did Hubble See di Tiktok yang Sedang Viral

Para ahli berharap misi di masa depan memungkinkan mereka untuk menyelidiki Mimas lebih lanjut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar