facebook

Pembangunan Jaringan 4G Telkomsel dan XL di Wilayah 3T Diharapkan Percepat Transformasi Digital

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Pembangunan Jaringan 4G Telkomsel dan XL di Wilayah 3T Diharapkan Percepat Transformasi Digital
Telkomsel dan XL Axiata akan menyediakan internet 4G di wilayah 3T. Bekerja sama dengan Bakti Kominfo. Foto:Ilustrasi jaringan internet 4G XL Axiata di Danau Toba. [XL Axiata]

Bakti Kominfo menggandeng Telkomsel dan XL Axiata menyediakan jaringan internet 4G di wilayah 3T.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Selasa (25/1/2022) mengesahkan kerja sama dengan Telkomsel dan XL Axiata untuk menyediakan layanan internet 4G di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar)

Kominfo lewat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) akan membangun 7.904 Base Transceiver Station (BTS) di wilayah 3T, sementara Telkomsel dan XL Axiata akan memanfaatkan infrastruktur tersebut untuk menyediakan internet 4G.

Dian Siswarini selaku Presiden Direktur XL Axiata menyampaikan, akses digital itu tidak boleh terbatas untuk dirasakan oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar. Mereka yang berada di daerah terpencil atau 3T juga harus menikmati layanan internet 4G.

"Sehingga mereka yang sekarang belum terjangkau akses internet dapat segera menikmati layanan data dan telekomunikasi," kata Dian dalam konferensi pers virtual, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Kominfo Sahkan Kerja Sama dengan Telkomsel dan XL untuk Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T

Ia melanjutkan, XL Axiata merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari pemerintah, dalam hal ini BAKTI Kominfo, untuk menyediakan layanan telekomunikasi berupa teknologi 4G di wilayah 3T. Diharapkan, akses internet 4G dari XL Axiata bisa berkontribusi dalam pembangunan nasional dan menyukseskan program pemerintah.

"Dan tentu saja kebanggan itu akan lebih besar lagi kalau layanan data yang kami berikan itu betul-betul memberikan manfaat dan bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat yang berada di sana," tutur Dian.

Senada dengan XL, Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama PT Telkomsel turut menyampaikan hal serupa. Ia menyambut baik keputusan Kementerian Kominfo sebagai mitra kerja sama operasional dalam program penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T.

"Tentunya kepercayaan tersebut didorong semangat kami dalam menghadirkan kesejahteraan akses yang disampaikan oleh Menteri Kominfo terhadap jaringan broadband yang merata hingga ke pelosok negeri," kata Hendri dalam sambutan terpisah.

Ia melanjutkan, tantangan selanjutnya yang akan dihadapi adalah bagaimana pelaku industri dapat memastikan akses jaringan 4G dapat mendukung perputaran percepatan ekonomi masyarakat dengan pemanfaatan teknologi berbasis digital.

Baca Juga: Makin Lancar Beraktivitas Digital, Telkomsel Hadirkan Paket Halo Unlimited

Menurutnya, hal itu harus disertai dengan penguatan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, yang juga dikolaborasikan dengan pemerintah melalui Kominfo.

"Kami meyakini, menghadirkan kesetaraan akses bagi seluruh masyarakat indonesia, adalah sebuah panggilan bagi kami di Telkomsel untuk terus memberikan kontribusi dalam membuka lebih banyak peluang dan kemajuan bagi negeri ini," jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar