facebook

GoTo: Teknologi Digital Kunci Inklusi Keuangan

Liberty Jemadu
GoTo: Teknologi Digital Kunci Inklusi Keuangan
CEO GoTo Andre Sulistyo (ANtara)

Berkaca dari pengalaman Gojek dan Tokopedia, teknologi dapat menjadi kunci tercapainya inklusi keuangan.

Suara.com - CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Andre Soelistyo menilai teknologi dapat menjadi kunci tercapainya inklusi keuangan berkaca dari ekosistem GoTo yang memungkinkan masyarakat terlayani oleh bank atau lembaga keuangan dengan lebih masif.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (26/5/2022) Andre bercerita banyak mitra Gojek dan Tokopedia awalnya tidak memiliki rekam jejak transaksi finansial sama sekali, sehingga tidak memiliki akses ke layanan keuangan formal. Para mitra tersebut sebagian besar memang tidak tersentuh dan terlayani oleh bank atau lembaga keuangan formal.

Dengan kehadiran GoTo para mitra itu bisa memiliki rekam jejak transaksi keuangan. Data itulah yang akan menjadi pendukung untuk dipergunakan dalam menciptakan produk keuangan yang inklusif, sehingga mereka bisa memiliki akses keuangan.

"Menurut pengalaman kami, jika kita tidak mendukung mereka untuk meningkatkan pendapatan mereka lebih dulu, akan sulit mempertahankan inklusi keuangan, karena inklusi keuangan baru akan terjadi sesudahnya," ujar Andre dalam rangkaian acara Pertemuan Tahunan World Economic Forum (WEF) 2022 yang diselenggarakan di Davos, Swiss.

Baca Juga: Mitra Gojek yang Gunakan Kendaraan Listrik Bisa Berhemat Hingga Rp 700.000

Andre juga menyampaikan bahwa ekosistem digital punya andil besar dalam menekan kesenjangan dalam inklusi ekonomi.

"Untuk dapat mengatasi masalah kesenjangan inklusi keuangan, kita harus terlebih dahulu membawa masyarakat masuk ke dalam inklusi digital," kata Andre.

Dia juga menjelaskan soal pengembangan infrastruktur digital yang bisa dilakukan ke depan di antaranya real time payment hingga sistem pembayaran online berbasis Unified Payments Interface (UPI).

"Untuk pengembangan infrastruktur ini, pemerintah, sektor swasta, dan publik perlu saling bekerja sama sehingga bisa terbangun infrastruktur yang dapat mendukung inklusi keuangan yang lebih terjangkau," tutup Andre. [Antara]

Baca Juga: Baru IPO, GOTO Sudah Berencana Cari Modal Lagi Lewat Private Placement

Komentar