facebook

Pemain PUBG Mobile Bakal Dihukum Jika Iseng Pakai Fitur Gendong

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Pemain PUBG Mobile Bakal Dihukum Jika Iseng Pakai Fitur Gendong
Ilustrasi fitur gendong di PUBG Mobile. [Dok PUBG Mobile]

Banyak pemain PUBG Mobile yang iseng memakai fitur untuk menggotong temannya ke sembarang tempat atau dibuang ke laut.

Suara.com - PUBG Mobile Indonesia bakal memberikan sanksi ke para pemain yang menyalahgunakan fitur gendong, atau yang disebut Carry. Soalnya banyak pemain yang iseng memakai fitur untuk menggotong temannya ke sembarang tempat atau dibuang ke laut.

"Kami menyesalkan hal ini terjadi. Kami telah menerapkan fitur pelaporan untuk jenis perilaku ini. Sekarang, pemain bisa melaporkan pemain lain yang melakukan perilaku ini dan Merit mereka akan dikurangi," kata PUBG Mobile Indonesia dalam keterangannya, Selasa (28/6/2022).

Fitur Carry atau Gendong ini dikenalkan PUBG Mobile pada Desember 2021 lalu. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan pemain untuk menggendong temannya yang sedang knock (lumpuh sementara) untuk dipindahkan ke lokasi lain.

Tujuannya, pemain yang masih hidup ini dapat memindahkan temannya ke lokasi lebih aman agar dia bisa dibangkitkan kembali (revive).

Baca Juga: Pemburu Chicken Dinner Merapat! Cek Kode Redeem PUBG Mobile 28 Juni 2022

Sementara itu, Merit adalah sebuah sistem kredit yang menjadi standar baik buruknya perilaku setiap pemain. Pemain yang memiliki Merit tinggi bisa disebut sebagai pemain yang berperilaku baik, begitu juga sebaliknya.

Pemain dengan Merit sempurna (100) bisa mendapatkan berbagai keuntungan berupa peningkatan BP limit dan bonus Challenge Point. Di sisi lain, pemain dengan Merit buruk (di bawah 80) akan dikenakan berbagai sanksi seperti pengurangan EXP dan BP, atau bahkan hanya diperbolehkan untuk memainkan mode VS AI.

Selain pemain yang menyalahgunakan fitur Carry, mereka yang dengan sengaja merugikan rekan tim seperti meninggalkan permainan, berdiam diri (idling), dan melukai rekan tim sendiri juga dapat dikenakan sanksi pengurangan Merit.

"Ada kondisi yang jelas untuk mendeteksi perilaku melanggar seperti membahayakan rekan tim, meninggalkan tim ketika berada di Spawn Island, keluar dari pertempuran, dan idling, dan kami pasti mengurangi Merit dari pemain yang menunjukkan perilaku ini," sambung PUBG Mobile Indonesia.

Di sisi lain, fenomena tidak membantu rekan tim masih menjadi sesuatu yang sulit untuk ditetapkan, apakah memang dilakukan dengan sengaja atau justru tidak sengaja. Tapi PUBG MOBILE sedang mengoptimalkan fitur ini agar tidak mendeteksi dan memberikan hukuman kepada pemain yang salah.

Baca Juga: Teddy Bear Kini Ada di PUBG Mobile

"Sayangnya, perilaku dengan sengaja tidak membantu rekan tim adalah sesuatu yang belum dapat didefinisikan dengan baik, dan kami khawatir hal ini akan menimbulkan terlalu banyak kasus positif palsu. Namun, hal ini akan menjadi sesuatu yang terus kami perhatikan," jelas PUBG Mobile.

Komentar