facebook

Jangan Salah Pilih, Ini Teknologi Layar Laptop Terbaik Buat Pecinta Film

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Jangan Salah Pilih, Ini Teknologi Layar Laptop Terbaik Buat Pecinta Film
Laptop ASUS OLED. (Dok: Asus)

ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia.

Suara.com - Transformasi digital telah membuat hiburan kini semakin bisa dinikmati oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Sebagai contoh adalah kegiatan menonton film. Sebelum hadirnya berbagai layanan streaming online, menonton ke bioskop merupakan satu-satunya cara untuk menikmati film terkini. Melalui layanan streaming online, semua orang kini bisa menikmati berbagai film berkualitas tinggi melalui perangkat digital seperti laptop. Bahkan saat ini semakin banyak laptop yang digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menonton film secara online.

Laptop modern memiliki keunggulan tersendiri untuk digunakan sebagai “bioskop portabel”. Selain rata-rata ukuran dan bentuknya sudah sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian, laptop modern juga memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga menonton film bisa semakin menyenangkan. Sayangnya, tidak semua laptop dibekali dengan layar yang memberikan kenyamanan saat menonton film. Hal tersebut dikarenakan masih banyak laptop yang dirancang hanya untuk bekerja dan laptop tersebut tentu tidak akan bsia menampilkan sajian film dengan optimal.

Bagi Anda pecinta film yang ingin atau sedang memilih laptop, berikut lima aspek layar yang wajib diperhatikan jika ingin memaksimalkan pengalaman menonton film:

Layar Harus Punya Tingkat Reproduksi Warna yang Tinggi

Baca Juga: Muncul di Geekbench, Asus ROG Phone 6 Gunakan Snapdragon 8+ Gen 1

Tingkat reproduksi warna atau color gamut pada layar laptop merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan bagi para pecinta film. Color gamut pada layar laptop dapat memperlihatkan seberapa banyak warna yang bisa ditampilkan di layar tersebut.Semakin banyak warna yang bisa ditampilkan, maka film akan terlihat lebih jelas dan immersive. Apalagi, warna sangat berpengaruh dengan mood serta detail di dalam film.

Layar Laptop ASUS OLED. (Dok: Asus)
Perbandingan Layar Laptop ASUS OLED. (Dok: Asus)

Saat ini ada banyak sekali jenis color gamut, seperti sRGB dan DCI-P3 yang banyak digunakan di sebuah laptop. Khusus untuk para pecinta film, laptop dengan layar yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 merupakan yang paling direkomendasikan. Selain memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih banyak dari sRGB (100% DCI-P3 setara dengan 133% sRGB), DCI-P3 merupakan standar color gamut yang digunakan oleh industri film. Dengan demikian, tampilan film di layar laptop dengan color gamut 100% DCI-P3 akan sesuai dengan yang diinginkan oleh sutradara film-nya.

Warna Juga Harus Akurat

Tidak sekadar mampu menghadirkan warna yang kaya, layar laptop khusus untuk menikmati sajian film serta video juga harus mampu menampilkan warna dengan akurat. Tampilan warna yang tidak akurat bisa merusak berbagai detail visual yang ada di dalam sebuah film. Anda juga tidak akan bisa menikmati film sesuai dengan yang diinginkan oleh para pembuatnya jika menggunakan laptop dengan layar yang tidak akurat.

Salah satu cara untuk memastikan sebuah laptop menggunakan layar dengan tingkat akurasi warna terbaik adalah memastikan laptop yang dipilih telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Sertfikasi tersebut memastikan layar laptop telah melalui proses kalibrasi warna di pabrik secara akurat berdasarkan standar PANTONE yang telah banyak digunakan di berbagai industri.

Baca Juga: Jajaran Laptop Lenovo Yoga Dirilis ke Indonesia, Ditenagai Prosesor Intel Generasi ke-12

Fitur HDR Wajib Ada

Komentar