Indonesia Buka Peluang Kerja Sama Keamanan Siber dengan Rumania

Liberty Jemadu
Indonesia Buka Peluang Kerja Sama Keamanan Siber dengan Rumania
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rumania, Rabu (28/9/2022).

Menteri Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja mengatakan Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rumania, Rabu (28/9) guna membuka peluang kerja sama bidang keamanan siber dan transformasi digital.

"Kami mendiskusikan perkembangan ekosistem digital antar kedua negara, baik terkait talenta digital, keamanan siber, komunikasi radio, hingga teknologi informasi dan komunikasi (hulu dan hilir. Termasuk di dalamnya potensi-potensi membangun hubungan di sektor digital ekonomi, e-commerce, fintech, edutech, healttech peningkatan kerja sama," kata Menteri Plate dalam siaran pers diterima Kamis (29/9/2022).

Menurut Plate dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana negara-negara maju (mengembangkan ekosistem digital). Rumania dan Indonesia sepakat untuk bertukar pikiran dan mengembangkan pembangunan TIK di hulu dan hilir," kata Menteri Plate.

Baca Juga: Dua Celah Keamanan Ditemukan di WhatsApp, Pengguna Diminta Perbarui Aplikasi

Menteri Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja mengatakan Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital.

"Kami memiliki chemistry yang sangat positif di sini, meskipun kami baru saja bertemu, saya pikir akan saling mendukung dan tim kami telah bekerja sama untuk waktu yang lama. Kami saling mendukung untuk pencalonan satu sama lain di Dewan Council (ITU)," kata Menteri Sebastian-Loan Burdujua.

Berkaitan dengan isu keamanan siber, Menteri Rumania itu berharap mereka bisa berkontribusi dalam hal keahlian keamanan siber, yang menjadi salah satu perhatian serius.

"Tentu saja termasuk komponen siber serta keahlian kami dalam penelitian dan pengembangan pusat akademik. Kami sangat berharap untuk melanjutkan kemitraan ini," kata Sebastian-Loan Burduja.

Potensi kerja sama Indonesia dengan Rumania juga akan dikembangkan ke bidang perniagaan digital (e-commerce).

Baca Juga: Ini Spesifikasi Anak Muda yang Diincar BIN untuk Bantu Perkuat Keamanan Siber

"Kita mempunyai dua decacorn, 14 unicorn dan ribuan digital startup yang mana Rumania juga mempunyai talenta digital yang bagus. Barangkali bisa kita kerja sama dan membangun relasi yang konkret di bidang digital, ekonomi dan radio communications," kata Menteri Johnny.