Mengenal Aplikasi Zenly yang Resmi Ditutup 3 Februari 2023

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Mengenal Aplikasi Zenly yang Resmi Ditutup 3 Februari 2023
Aplikasi Zenly

Aplikasi Zenly dipastikan ditutup Snap pada 3 Februari 2023.

Suara.com - Aplikasi Zenly dipastikan ditutup Snap pada 3 Februari 2023. Namun apa sebenarnya kegunaan aplikasi Zenly?

Melansir Techcrunch, Selasa (6/12/2022), Zenly adalah sebuah aplikasi yang diakuisisi Snap sejak lima tahun lalu. Aplikasi ini populer karena menggabungkan antara utility dan social apps.

Fitur utama Zenly memungkinkan pengguna mengikuti lokasi teman mereka. Ketika membuka aplikasi, pengguna dapat melihat apakah teman dan anggota keluarganya sedang berkumpul bersama dan di mana lokasi mereka.

Selain itu, Zenly juga memiliki fitur perpesanan paling dinamis untuk sebuah aplikasi sosial.

Baca Juga: TikTok, Meta dkk Didugat karena Sebabkan Kesehatan Mental Remaja

Baru-baru ini Zenly juga menambahkan fitur places. Itu adalah basis data tempat paling pribadi karena pengguna dapat melihat bar dan restoran favorit teman mereka.

Bahkan, mereka bisa melihat tempat pribadi temannya. Ini jadi tahap selanjutnya dari aplikasi Foursquare yang tenar beberapa tahun lalu.

Aplikasi Zenly
Aplikasi Zenly

Tim pengembang juga mulai meluncurkan petanya sendiri. Tim yang terdiri dari 10 orang itu berencana untuk memiliki peta digital pesaing Google Maps dan Apple Maps.

Alih-alih menyediakan peta paling akurat di dunia, Zenly justru menyajikan peta paling lucu dan ikonik. Pengguna bisa melihat animasi mobil, kapal, bebek, karet, truk, dan lainnya.

Zenly sendiri didirikan pada tahun 2011 yang kemudian diakuisisi Snap (induk perusahaan Snapchat) pada 2017. Di awal 2022 tercatat pengguna aktif bulanan Zenly mencapai 35 juta.

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Bikin Boros Baterai, Mana Saja yang Ada di Gawaimu?

Alasan ditutupnya Zenly diperkirakan berkaitan dengan keluarnya pendiri perusahaan, Antoine Martin. Faktor lainnya diyakini karena terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan Snap.

Namun Snap memutuskan tidak ingin menjual Zenly ke perusahaan lain atau membuat perusahaan spin-off. Zenly akan menjadi pesaing atau akan menjadi alternatif untuk Snap Map.