Predikat Baru Zumi Zola dalam Pusaran Kasus Korupsi

Jane

Zumi Zola di pusaran kasus korupsi.

Suara.com - Gubernur Jambi Zumi Zola resmi menyandang status tersangka dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan dan pengesahan APBD Provinsi Jambi 2018 se‎besar Rp 4,515 triliun‎.

Bukan tanpa alasan nama Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka. Keterlibatan Zumi Zola dalam kasus suap pembahasan dan pengesahan RAPBD Jambi tahun 2018 mulai mencuat pasca operasi tangkap tangan (OTT) yang terjadi di Jakarta dan Jambi pada 28 November 2017 lalu. Kala itu dari 12 orang yang diamankan saat operasi tangkap tangan, empat orang ditetapkan sebagai tersangka suap.

Terkait kasus tangkap tangan ini Zumi Zola sudah dua kali diperiksa KPK sebagai saksi, yaitu pada 5 Januari 2018  sebagai saksi untuk tersangka Saifudin, yang merupakan Asisten Daerah III Pemprov Jambi. Kemudian pada 22 Januari 2018 kembali diperiksa sebagai saksi kasus suap pembahasan dan pengesahan RAPBD Jambi 2018. Namun, tiga hari setelah pemeriksaan, Zumi Zola telah beralih status sebagai tersangka dan dilarang bepergian ke luar negeri. Simak selengkapnya dalam videografis berikut.




[ Motiongrafis: Nurman Krisdianto]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS