facebook

Paduan Suara Dialita Serukan Semangat Generasi Muda

Yulita Futty | Yosea Arga Pramudita

Beranggotakan perempuan-perempuan yang berusia di atas lima puluh tahun, Dialita hadir untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk tetap percaya akan harapan baik.

Suara.com - Dialita merupakan sebuah kelompok paduan suara yang terbentuk tahun 2011.

Beranggotakan perempuan-perempuan yang berusia di atas lima puluh tahun, Dialita hadir untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk tetap percaya akan harapan baik, harapan baru untuk hidup tanpa kebohongan.

Terdiri dari perempuan yang keluarganya pernah menjadi tahanan politik masa Orde Baru, Dialita berawal dari Komunitas Peduli Perempuan dan Anak dan Keluarga Dalam Sejarah (KDS). Adapun KDS merupakan komunitas bagi keluarga yang terdampak tragedi 1965.

Ide mendirikan paduan suara bermula dari kesukaan para anggotanya untuk bernyanyi setiap berkumpul. Lagu yang dibawakan oleh Dialita sendiri banyak yang diciptakan para anggotanya. Awalnya Dialita tidak berani menyanyikan lagu-lagu itu karena merupakan hasil curahan hati para tahanan politik.

Namun, lagu-lagu Dialita ternyata kini dapat diterima dan sentiasa didengarkan oleh masyarakat luas. "Dialita sudah tidak sendiri lagi, kalau sebelumnya kami mungkin menyanyi sendiri, mendengar sendiri, sejak saat ituada yang mendengar, ada yang mendukung, dan bentuk dukungan itu konkret" ujar Uchikowati Fauzia,pimpinan paduan suara Dialita.

Reporter/Creative/Videografer/Video Editor: Yosea Arga/Anistya Yustika Putri/Tasya Salsabilla/Pradinia Windoe/Hyoga Dewa Murti/Azka Rizqi Azura

Komentar