Gonjang-ganjing Stok Beras Menipis, Mentan: Tahun Ini Produksi Kita Terbesar

Rinaldi Aban | Mohammad Fadil Djailani

"Laporan bupati oke, laporan gubernur oke, kami juga punya data satelit, kita punya data digital standing crop," kata dia.

Suara.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengklaim, stok beras nasional dalam kondisi aman hingga akhir tahun ini. Hal ini ia sampaikan di tengah isu impor beras yang semakin kuat dengan alasan stok tidak mencukupi.

"Tahun ini produksi kita terbesar, ini kata BPS (Badan Pusat Statistik). Jadi kalau kau tak mau percaya data BPS bagaimana, data siapa lagi?," kata Syahrul saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Senin (28/11/2022).

Ia juga menambahkan, selain laporan BPS, dirinya juga mendapatkan laporan dari sejumlah kepala daerah, bupati bahwa stok beras nasional diwilayah mereka memang mencukupi.

"Laporan bupati oke, laporan gubernur oke, kami juga punya data satelit, kita punya data digital standing crop," kata dia kepada wartawan.

Sebelumnya, wacana impor beras oleh Perum Bulog saat ini terus menjadi polemik. Bulog menyebut produksi yang terbatas menyebabkan pihaknya sulit memenuhi stok cadangan beras pemerintah sebesar 1,2 juta ton.

Video Editor: Dyo Rizky