Hadapi Bonus Demografi, Ini Strategi Agung Suryamal

Adhitya Himawan
Hadapi Bonus Demografi, Ini Strategi Agung Suryamal
Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat Agung Suryamal Sutrisno. [Dok Kadin]

Indonesia akan diterpa bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibanding yang produktif.

Bakal calon Gubernur Jawa Barat Agung Suryamal mengatakan Indonesia akan diterpa bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif dalam rentang usia 15 hingga 64 tahun lebih banyak dibandingkan usia tidak produktif.  

Jawa Barat sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara, kata Agung memiliki tingkat bonus demografi tertinggi dibandingkan dengan berbagai provinsi lainnya yakni berada pada rasio 100 dibanding 49.  Diperkirakan era bonus demografi di Jawa Barat akan mencapai puncaknya dalam waktu yang lebih cepat, di tahun 2030 mendatang.

“Bonus demografi merupakan potensi, peluang, sekaligus tantangan. Pemuda- pemudi Jawa Barat harus produktif jangan hanya melamun pasalnya jika kondisi ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin yang terjadi justru kerugian,” kata Agung di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/7/2017).



Lebih lanjut Ketua Umum KADIN Jawa Barat ini menyatakan dirinya akan meningkatkan program- program pendidikan, kesehatan, dan penyediaan lapangan kerja dalam rangka menghadapi era bonus demografi. 

“Insya Allah bila diamanahi memimpin Jawa Barat, saya sudah siapkan program- program unggulan dalam menghadapi era bonus demografi. Program ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan di sektor pariwisata, Agung mengatakan Jawa Barat memiliki destinasi wisata yang sangat banyak namun sayangnya sekitar 60 persen infrastruktur destinasi wisata di Jawa Barat belum dibangun dengan baik. 

Baca Juga: Agung Suryamal Siap Luncurkan Platform Digital

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS