Ini Cara Atur Strategi agar Cepat Naik Gaji

Angelina Donna
Ini Cara Atur Strategi agar Cepat Naik Gaji
Ilustrasi naik gaji (shutterstock)

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gaji dengan cepat

Suara.com - Setiap orang yang bekerja tentunya memiliki keinginan untuk bisa naik gaji. Bahkan semua orang akan berusaha dan melakukan beragam cara untuk dapat menaikan gaji mereka. Apalagi bagi Anda yang memang seorang profesional, tentunya sangat wajar untuk menginginkan peningkatan gaji yang signifikan.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gaji dengan cepat. Namun sayangnya beberapa orang terkadang menerapkan cara yang kurang baik, seperti melakukan kecurangan demi mendapatkan kenaikan gaji.

Bagi Anda yang menginginkan kenaikan gaji tanpa harus melakukan kecurangan, berikut ini strategi yang bisa diterapkan.

1. Pastikan Terlebih Dahulu Isi Surat Perjanjian
Setiap orang yang akan bekerja di sebuah perusahaan tentunya akan melakukan perjanjian yang kemudian ditandai dengan penandatanganan pada surat perjanjian kerja. Di dalam surat perjanjian tersebut biasanya akan menjelaskan tentang bentuk pekerjaan, hak dan kewajiban, batasan-batasan, hingga gaji dan bonus yang didapatkan.

Jika Anda menginginkan kenaikan gaji, pastikan terlebih dahulu surat perjanjian kerja yang dimiliki. Biasanya perusahaan akan menerapkan masa percobaan mulai dari 1-3 bulan dengan gaji UMR. Namun setelah masa percobaan tersebut barulah akan ada penawaran untuk kenaikan gaji. Tentunya Anda harus mengetahui hal ini terlebih dahulu.

2. Tingkatkan Fokus dan Perhatian pada Tugas Kantor
Jika Anda ingin meningkatkan gaji, tentu saja Anda harus meningkatkan kinerja selama berada di kantor. Untuk itu, mulailah untuk meningkatkan fokus dan perhatian pada tugas-tugas yang diberikan oleh kantor. Pastikan untuk mengerjakan secara tepat dan cepat sehingga nantinya dapat menjadi nilai tambah tersendiri.

3. Buat Perusahaan Merasa Anda Memiliki Peran Penting
Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perusahaan merasa jika memiliki peran yang cukup penting di dalam kantor. Anda bisa mencoba untuk mengerjakan sebanyak mungkin pekerjaan yang ada di kantor sesuai dengan skill dan kemampuan yang dimiliki.

Semakin Anda menunjukkan sikap loyal pada perusahaan, tentu saja secara tidak langsung meningkatkan kualitas Anda. Sehingga atasan akan berpikir untuk menaikkan gaji ataupun jabatan.

4. Banyak Mengikuti Kegiatan Kantor
Kapanpun jika ada kesempatan dan waktu luang, berusahalah untuk mengikuti sebanyak mungkin kegiatan-kegiatan yang ada di kantor. Seperti seminar, rapat malam, dan lainnya. Pastikan untuk ikut serta bergabung di dalamnya.

Tak hanya menunjukkan jika diri Anda aktif berpartisipasi namun dari kegiatan-kegiatan tersebut nantinya Anda dapat memperoleh kemampuan dan pengetahuan ekstra yang mana dapat membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lainnya. Semakin banyak kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki  tentunya akan menjadi nilai plus sendiri di mata perusahaan.

5. Kurangi Mengajukan Pinjaman dari Kantor
Meminjam uang kepada teman hingga bagian keuangan kantor, maka secara tidak langsung membuat Anda menjadi pusat perhatian di kantor. Apalagi jika pinjaman uang tersebut hanya digunakan untuk keperluan-keperluan yang bersifat konsumtif, tentunya hal ini akan membuat image negatif pada diri sendiri.

Mengajukan pinjaman ke perusahaan bisa menjadi salah satu penyebab mengapa gaji Anda tidak bisa meningkat bahkan selalu berkurang. Hal ini diakibatkan karena harus terpotong dengan besarnya tunggakan yang dimiliki.

6. Pelajari Kualitas Kerja dan Kondisi Finansial Perusahaan
Saat ingin mengajukan kenaikan gaji, akan lebih baik bagi Anda untuk mengkaji kembali profil finansial dari perusahaan. Berapa jumlah seharusnya untuk gaji yang dibayarkan pada posisi saat ini. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mempelajari laporan keuangan tahunan yang dimiliki perusahaan ataupun bertanya pada rekan kerja kantor lainnya.

Jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan miliki negara, akan lebih mempermudah mendapatkan informasi. Selain itu, pastikan pula untuk tepat dalam mengajukan kenaikan gaji. Pastikan perusahaan sedang tidak mengalami masalah sehingga tidak ada hambatan bagi Anda untuk mengajukannya.

Baca artikel Cermati lainnya:

Tidak Hanya Bangunannya, Ternyata Isi Rumah Juga Bisa Diasuransikan! Begini Caranya

Takut Ditilang karena STNK Belum Diperpanjang? Begini Syarat Perpanjanganya

Cara Beli Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS