Ingin Hidup Kaya? Hindari 6 Kebiasaan yang Dianggap Sepele Ini

Angelina Donna
Ingin Hidup Kaya? Hindari 6 Kebiasaan yang Dianggap Sepele Ini
Ilustrasi (shutterstock)

Jika ingin menjadi orang sukses dan juga kaya raya suatu hari nanti, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasan yang sering Anda anggap sepele mulai dari sekarang

Suara.com - Ketika membicarakan soal kebiasaan, dalam benak Anda, itu adalah suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang yang terkadang sudah melekat pada karakter diri seorang individu. Kebiasaan bisa dikatakan sebagai tindakan yang cukup susah untuk diubah.

Kebiasaan positif ataupun negatif dalam hal apa pun bisa memengaruhi kehidupan Anda dalam jangka panjang, baik dari kebiasaan tidur larut malam, kebiasaan makan yang manis-manis , kebiasaan lari pagi, maupun kebiasaan negatif yang bisa memengaruhi kehidupan di kemudian hari sehingga susah untuk hidup kaya.

Di tambah lagi orang-orang pada zaman yang canggih sekarang ini kebanyakan hanya bermimpi untuk menjadi orang sukses dan kaya raya tanpa berpikir bagaimana caranya dan mereka cenderung tidak bersungguh-sungguh dalam meraih apa yang mereka cita-citakan, yaitu hidup kaya.

Nah, jika Anda ingin menjadi orang sukses dan juga kaya raya suatu hari nanti, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasan yang sering Anda anggap sepele mulai dari sekarang seperti yang akan dibahas berikut ini.

Ambil Utang
Berutang sebenarnya tidaklah salah untuk dilakukan jika ada kebutuhan mendesak di mana Anda benar-benar membutuhkan jumlah uang yang cukup banyak, tapi tidak cukup untuk membayar atau  membeli sesuatu semisal untuk membuka suatu usaha.

Namun, jangan pernah memutuskan untuk berutang pada bank untuk kebutuhan konsumtif. Sebenarnya boleh-boleh saja jika masih terbilang aman bagi keuangan. Namun, ada baiknya berpikir panjang ketika Anda ingin berutang. Apakah perlu beruntang hanya untuk keperluan konsumtif?

Tidak Memiliki Tabungan
Ketika Anda mendapatkan gaji setiap bulannya, sisihkanlah dari gaji untuk ditabung. Sisihkan dana untuk tabungan sebesar 20-30% dari gaji bulanan. Selain itu, jangan lupa untuk tidak mengutak-atik uang tabungan Anda tersebut agar uang yang Anda tabung tidak ikutan habis secara sia-sia. Dengan menabung setiap bulan secara teratur, tentunya Anda bisa merasakan manisnya, yaitu menggunakan tabungan tersebut di masa depan.

Belanja Tanpa Pertimbangan
Setiap orang pasti memiliki hasrat untuk berbelanja. Namun, tidak semua orang sama dalam membelanjakan uangnya. Contoh dari kebiasaan buruk yang bisa mempersulit Anda untuk hidup kaya adalah kebiasaan berbelanja tanpa pertimbangan. Artinya, Anda cenderung membeli sebuah barang tanpa memikirkan terlebih dahulu seberapa pentingnya barang tersebut bagi Anda ke depannya.

Padahal, jika meluangkan sedikit banyak waktu untuk memikirkan ulang keinginan belanja barang tersebut, keuangan Anda bisa terkontrol dengan lebih baik. Misalnya, ada barang murah, tapi kualitasnya kurang baik dan Anda membelinya karena suka. Sebaiknya, jangan melakukan hal ini.

Lebih baik Anda memilih barang dengan harga yang lebih mahal dengan kualitas yang baik dan awet untuk digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, cobalah hentikan belanja berdasarkan keinginan sesaat dan gantilah kebiasaan belanja Anda tersebut berdasarkan kebutuhan serta kualitas jangka panjang barang tersebut.

Sering Makan di Restoran atau Kafe
Kebiasaan makan di restoran atau kafe juga bisa menyebabkan Anda susah kaya. Biasanya Anda terdorong untuk makan di restoran atau kafe karena tidak mau repot ataupun juga malas memasak. Sebaiknya, jika Anda adalah seorang karyawan kantoran atau pelajar, cobalah untuk membawa bekal sebelum pergi ke sekolah atau ke kantor.

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi keinginan Anda untuk jajan di luar karena Anda sudah membawa bekal. Selain itu, dengan membawa bekal, Anda juga bisa berhemat dan juga  mengasah skill memasak Anda setiap harinya sekaligus menjaga pola makan Anda menjadi lebih sehat.

Selalu Pakai Kartu ATM untuk Belanja
Kebiasaan lain yang bisa membuat Anda lupa diri ketika berbelanja sehingga berdampak buruk bagi masa depan untuk menjadi kaya raya adalah seringnya menggunakan kartu ATM untuk berbelanja. Kenapa bisa demikian? Sebab ketika Anda melakukan transaksi pembayaran di sebuah toko perbelanjaan dan Anda lebih memilih menggunakan kartu ATM karena lebih simpel untuk membayarnya.

Hal ini bisa membuat Anda lupa dalam menghitung saldo dan juga pengeluaran yang telah Anda lakukan dengan kartu ATM tersebut. Tentu kebiasaan ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda tidak menguranginya. Sebaiknya, jika Anda berbelanja, pakaliah uang tunai karena dengan begitu Anda tahu dengan jelas penggunaannya dan juga bisa membatasi pengeluaran Anda dibandingkan menggunakan uang dari ATM.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit

Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Facebook

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS