Meski Kini Melemah, BI Optimis Kurs Rupiah 2019 Akan Stabil

Pebriansyah Ariefana | Achmad Fauzi
Meski Kini Melemah, BI Optimis Kurs Rupiah 2019 Akan Stabil
Gerai penukaran mata uang asing di ITC Kuningan, Jakarta, Jumat (29/6) .

"Kalau kami optimis 2019 kurs lebih stabil," tambah Mirza

Suara.com - Bank Indonesia merasa optimis nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat akan stabil pada tahun 2019. Meskipun saat ini, rupiah masih keok terhadap dolar AS.

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara menjelaskan, pada tahun depan diperkirakan arus modal asing akan masuk ke negara berkembang termasuk Indonesia. Hal ini tercermin dari imbal hasil investasi suku bunga yang turun.

"Pada saat ekonomi Amerika kencang dan suku bunga naik kencang, pada saat itu arus modal balik ke Amerika," ujar ‎Mirza saat ditemui di Komplek Perkantoran BI, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Akan tetapi saat ekonomi amerikanya melandai, imbal hasil surat utang ‎mulai turun sekarang sudah 3 persen tadinya 3,2 persen, maka harapannya arus modal masuk ke emerging market termasuk Indonesia.

"Kalau kami optimis 2019 kurs lebih stabil,‎" ‎tambah Mirza

Selain itu, Mirza juga melihat dampak aksi jual saham di bursa negara maju juga temporer. Menurut dia, aksi jual saham akan berhenti, dan lagi-lagi arus modal bakal balik ke negara berkembang.

‎Jika arus modal asing kembali masuk, maka hal tersebut membuat permintaan nilai tukar rupiah ‎meningkat, yang nantinya berimbas pada penguatan nilai tukar rupiah.

"Kalau kita lihat ada sell off di Dow Jones dan menular ke emerging market, tapi itu temporer sifatnya ke negara berkembang, kami optimis pasar keuangan Indonesia 2019 lebih baik dibandingkan tahun ini," pungkas dia.

Untuk diketahui, ‎berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada hari ini ‎berada di level Rp 14.539 per dolar AS. Posisi melemah dibandingkan pada Kamis Kemarin di level Selasa lalu yang di level Rp 14.507 per dolar AS.

    Suara.Com

    Suara.com adalah portal berita yang
    menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

    QUOTES OF THE DAY

    INFOGRAFIS