JK Minta Kalangan Perbankan Adil Pada Pengusaha Kecil

Reky Kalumata | Achmad Fauzi
JK Minta Kalangan Perbankan Adil Pada Pengusaha Kecil
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Hotel Ritz Carlton, Kawasaan SCBD, Jakarta, Jumat (11/1/2019). [Suara.com/Achmad Fauzi]

Dahulu sebelum krisis moneter, perbankan dinilai tidak adil

Suara.com - Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla meminta kalangan perbankan bertindak adil kepada dunia usaha. Terutama, bertindak adil kepada dunia usaha skala kecil seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Menurut Ketua Palang Merah Indonesia ini, pada dahulu sebelum krisis moneter, perbankan dinilai tidak adil.

Pasalnya, perbankan mengenakan bunga yang rendah jika dunia usaha besar yang mengajukan kredit, sedangkan jika para UKM yang ajukan kredit malah diberikan bunga yang tinggi.

"Hal ini yang sama sekali enggak adil untuk bangsa ini. Justru pengusaha kecil mensubsidi pengusaha besar itu suatu pengkhianatan akan keadilan bangsa. Maka kita harus kembali kepada yang benar bahwa pengusaha kecil harus dibantu agar dia kuat," ujarnya saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Hotel Ritz Carlton, Kawasaan SCBD, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

JK menuturkan, saat ini pemerintah telah membantu kalangan pengusaha UKM untuk dapat akses kredit dengan bunga yang rendah. Salah satu, menggulirkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 7 persen.

"KUR bunga 7 persen tindakan pemerintah untuk membantu yang kecil," kata dia.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar Ini juga meminta kalangan perbankan untuk hati-hati dalam bertindak. Jangan sampai salah tindakan dan membuat krisis moneter terulang kembali.

"Jangan ada sama sekali suatu keuntungan yang sepihak hanya menguntungkan industri merugikan masyarakat atau menguntungkan masyarakat tapi industri rugi," tandas JK.

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS