Tekanan di Kantor Terlalu Berat? Lakukan 8 Hal Ini untuk Mengatasinya!

Arsito Hidayatullah
Ilustrasi beban kerja atau tekanan pekerjaan di kantor. [Shutterstock]
Ilustrasi beban kerja atau tekanan pekerjaan di kantor. [Shutterstock]

Demi mengatasi tekanan pekerjaan, salah satu caranya bisa dengan memposisikan kantor sebagai rumah kedua.

Suara.com - Bekerja dan memiliki tanggung jawab yang cukup besar di kantor, Anda tentu terbiasa dengan berbagai tekanan dan juga tantangan yang datang dari pekerjaan silih berganti. Hal ini wajar saja, namun tidak semua orang bisa menghadapinya dengan positif.

Seringkali berbagai tekanan pekerjaan di kantor yang bertubi-tubi itu terasa menyiksa dan membuat stres. Hingga akhirnya pikiran negatif selalu bercokol di kepala.

Untuk itu, Anda haruslah senantiasa menyematkan pikiran positif dalam melakukan aktivitas sehari-hari di kantor, agar saat menghadapi tekanan dalam pekerjaan bisa menghadapinya dengan baik.

Pastikan Anda memiliki kemampuan yang baik untuk selalu berpikir positif selama bekerja di kantor. Dengan begitu, Anda bisa menghadapi berbagai tantangan yang datang dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa cara menghadapi tekanan di kantor agar tetap bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

1. Tenangkan Diri dan Pasang Senyum di Wajah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat menghadapi tekanan di kantor adalah dengan menenangkan diri serta menyunggingkan senyum di wajah. Bila diri merasa tenang dan wajah tersenyum, maka tekanan di kantor pun akan terasa sedikit berkurang.

Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman, bisa merasakan semuanya akan baik-baik saja. Anda pun dengan demikian akan memiliki semangat positif untuk bekerja.

2. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Pekerjaan tidak akan selalu berjalan dengan mulus, sebab sesekali berbagai hambatan mungkin saja terjadi. Ketika Anda gagal, berhentilah menyalahkan diri sendiri, karena ini tidak membawa kebaikan apa-apa untuk diri Anda.

Anda hanya perlu melakukan perenungan diri, apa saja yang perlu diperbaiki. Introspeksi diri dan kembali bersemangat untuk memperbaiki kesalahan adalah langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan.

3. Rilekskan Diri, Ambillah Jatah Cuti

Jangan hanya dilewatkan begitu saja, jatah cuti kantor harus dimanfaatkan dengan maksimal. Rutinitas pekerjaan memang melelahkan dan membuat stres. Maka dari itu, ambillah jatah cuti yang diberikan perusahaan agar tubuh dan pikiran rileks.

Rencanakan agenda cuti sejak jauh-jauh hari, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan cara yang istimewa. Ada banyak aktivitas berguna yang bisa Anda lakukan selama cuti, seperti mengikuti kursus memasak, berlibur, menikmati waktu dengan keluarga, dan hal lain yang menyenangkan.

4. Bersihkan dan Tatalah Meja Kerja secara Berkala

Biasakan untuk menjaga kebersihan dan kerapian meja kerjamu sepanjang hari, agar Anda lebih mudah beraktivitas di sana. Sesekali, cobalah untuk menata ulang meja kerja Anda. Tempatkan pula beberapa pernak-pernik yang bisa memberi Anda energi positif ketika bekerja.

5. Fokuslah dan Capai Target Kerja

Tetaplah fokus pada pekerjaan, sehingga semua tugas-tugas bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Berorientasi pada target dan menyelesaikan semua tugas sesuai dengan deadline, merupakan cara terbaik yang akan membuat Anda lebih mudah untuk menghindari tekanan kerja yang kerap timbul di kantor.

6. Disiplin dan Tepat Waktu

Jika Anda selalu disiplin dan tepat waktu, maka Anda akan memiliki pikiran positif selama bekerja. Kedua hal ini akan membuat hari-hari kerja menjadi lebih mudah dan nyaman, di mana Anda terbiasa menyelesaikan semua tugas dengan baik dan tepat waktu.

Hal ini juga akan berimbas pada berbagai kebiasaan yang Anda miliki, seperti tidak harus terburu-buru masuk kantor, pulang sesuai jam kantor, menyelesaikan semua tugas dengan puas, dan hal positif lainnya.

7. Jangan Bawa Pulang Pekerjaan Kantor

Hindari untuk membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah, karena itu hanya akan membuat kehidupan Anda menjadi tidak normal. Biasakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, sehingga ketika pulang Anda tidak memiliki beban (tugas) yang belum terselesaikan.

8. Bersosialisasi dan Nyamankan diri dengan Lingkungan Kantor

Bagaimanapun juga, Anda menghabiskan waktu setiap harinya di tempat kerja. Oleh karena itu, buatlah diri Anda betah dan nyaman di lingkungan kantor ini dengan bersosialisasi. Bila perlu, ikuti pepatah yang menyebutkan bahwa kantor adalah rumah kedua bagi pekerja.

Makanya, jangan hanya diam saja, tapi jalin komunikasi dengan orang-orang di kantor. Dengan demikian, Anda tidak lagi merasa terasing dan tidak merasa sendiri. Bersosialisasilah dengan baik dan profesional dengan orang-orang di sekitar Anda, agar lebih nyaman dan memiliki kehidupan lain selain urusan pekerjaan.

Jadikan Kantor Benar-benar sebagai Rumah Kedua

Tekanan kerja tentu menjadi masalah lumrah yang dihadapi para pekerja kantoran. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan banyak hal mudah yang akan membuat lebih nyaman dan positif selama bekerja. Lakukan tips di atas, sehingga Anda bisa menikmati pekerjaan sepanjang waktu dan menghadapi tekanan dengan cara yang tepat.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Tingkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang

Lakukan 5 Cara Mudah Ini agar Bisa Memiliki Reputasi Baik di Kantor

I Love Monday! Ini Tips Memulai Kerja di Hari Senin

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS