Terungkap Alasan Sri Mulyani Cari Pengganti Dirinya Selama Sehari

Iwan Supriyatna
Terungkap Alasan Sri Mulyani Cari Pengganti Dirinya Selama Sehari
Tantangan Jadi Menteri Keuangan Sehari. [Kementerian Keuangan]

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencari seorang remaja wanita berbakat.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencari seorang remaja wanita berbakat untuk dijadikan Menteri Keuangan selama sehari penuh.

Sri Mulyani mencari remaja wanita berusia sekitar 15 sampai 17 tahun yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) serta memiliki motivasi dan aktif menyuarakan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan.

Adapun yang melatarbelakangi Sri Mulyani mencari remaja wanita, karena tidak akan lama lagi akan diperingati Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

"Kegiatan ini dalam rangka Hari Perempuan Internasional, kami ingin mengajak anak perempuan usia 15-17 tahun untuk jadi Menteri Keuangan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan RI, Nufransa Wira Sakti kepada Suara.com, Rabu (6/2/2019).

Selain memperingati Hari Perempuan Internasional, tujuan dicarinya remaja wanita untuk dijadikan Menteri Keuangan selama sehari penuh, agar remaja wanita yang terpilih bisa turut merasakan apa yang dialami Sri Mulyani dengan harapan bisa dijadikan motivasi.

"Agar dapat memberikan pengalaman dan wawasan kepada anak Indonesia tentang nilai-nilai kepemimpinan dan kesetaraan gender," tutur Nufransa.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Untuk diketahui, Hari Perempuan Internasional adalah momen untuk mengingatkan pemenuhan hak-hak perempuan dan perjuangan untuk menghentikan kekerasan pada perempuan.

Perayaan Hari Perempuan Internasional mulai diperingati sekitar tahun 1909 sebagai Hari Perempuan Nasional di Amerika Serikat oleh partai sosialis untuk menghormati aksi mogok para pekerja garmen di tahun 1909 di New York kala itu.

Waktu itu para buruh wanita memprotes jam kerja yang terlalu panjang namun tak dibarengi dengan upah yang memadai.

Kemudian pada tahun 1910, para pendukung sosialis bertemu di Copenhagen dan menetapkan Hari Perempuan untuk menghormati gerakan hak-hak perempuan dan mendorong dukungan agar para kaum perempuan juga bisa ikut dalam pesta demokrasi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Hasil dari pertemuan yang diikuti oleh wanita dari berbagai negara tersebut, tercetuslah Hari Perempuan Internasional yang diperingati untuk pertama kalinya pada 19 Maret di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss di tahun 1911.

Namun, karena dirasa suara perempuan masih belum dirasa berpengaruh, kemudian pada 8 Maret 1914 para perempuan menentang Perang Dunia I dan menunjukan solidaritasnya kepada aktivis lain.

Dengan keberanian para perempuan tersebut menentang Perang Dunia I, akhirnya Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Cara Mendaftar Jadi Menteri Keuangan Sehari

Untuk bisa terus menyuarakan aspirasi perempuan, maka dari itu Sri Mulyani kemudian mencari kandidat-kandidat yang bisa menjalankan amanah selama sehari penuh menjadi Menteri Keuangan.

Sekedar menginformasikan, tugas Menteri Keuangan yakni menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Setelah merasakan jadi Menteri Keuangan, diharapkan kandidat yang terpilih bisa membagikan pengalamannya kepada masyarakat luas.

Adapun cara pendaftarannya, calon kandidat yang merupakan remaja wanita berusia 15-17 tahun bisa mengisi formulir dan mengikuti panduan pendaftaran di bit.ly/girlstakeovermenkeu.

Batas waktu pendaftaran hanya sampai 17 Februari 2019. Jadi, bagi kalian remaja wanita yang ingin merasakan jadi Menteri Keuangan dan memiliki kepedulian terhadap aspirasi-aspirasi perempuan, segeralah mendaftar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS