Sri Mulyani Minta Transaksi Pengadaan Barang Pakai Kartu Kredit

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Sri Mulyani Minta Transaksi Pengadaan Barang Pakai Kartu Kredit
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Sri Mulyani meminta K/L menggunakan kartu kredit untuk pengadaan barang atau belanja barang.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Kementerian/Lembaga (K/L) menggunakan kartu kredit untuk pengadaan barang atau belanja barang. Pasalnya, menurut dia masih banyak K/L yang menggunakan uang tunai untuk belanja barang.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, dengan menggunakan kartu kredit, penggunaan dana untuk belanja barang lebih bisa dipertanggung jawabkan. Karena, laporan penggunaan dana telah tercatat di dalam kartu kredit tersebut.

Sehingga, tidak ada yang bermain atau curang dalam pengadaaan barang di setiap K/L.

"Kemenkeu bahkan sudah minta beberapa K/L menggunakan kartu kredit untuk uang persediaan. Dengan kartu kredit kita tahu dia beli apa, di mana. Pertanggungjawaban enggak usah ditulis lagi karena laporan dari Credit Card-nya sudah ketahuan," kata Sri Mulyani saat menghadiri Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut Sri Mulyani, penggunaan kartu kredit untuk belanja pengadaan barang sebenarnya sudah diuji coba oleh Kemenkeu sejak tahun lalu. Hanya saja, dia mengaku tak banyak K/L yang menerapkan belanja barang dengan kartu kredit tersebut.

"Di uji cobanya di Kemenkeu, Kemensesneg, KPK. Jadi kalau K/L dana minta persediaan sekarang tidak perlu, karena sekarang sesuai dengan limitnya persedian yang dimiliki," jelas dia.

Wanita yang kerap disapa Ani ini menambahkan, pihaknya akan mengevaluasi program belanja pengadaan barang pemerintah, sehingga bisa diterapkan di K/L lain.

"Kita akan evaluasi lagi, agar bisa kita lakukan secara lebih luas. Tapi yang jelas dari desain untuk menciptakan akuntabilitas lebih mudah dan lebih reliable," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS