Mau Bikin Kartu Kredit? Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu

Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara
Mau Bikin Kartu Kredit? Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu
Ilustrasi kartu kredit. (Sumber: Istimewa)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pertimbangkan hal-hal berikut ini

Suara.com - Bagi sebagian orang, memiliki kartu kredit adalah hal yang penting. Selain bisa menjadi pegangan disaat kantong sedang kering, menggunakan kartu kredit juga memiliki nilai prestise tersendiri.

Namun, bagi kalian yang ingin membuat kartu kredit, ada baiknya jangan asal menentukan pilihan. Sebab, jika penggunaan kartu kredit tidak tepat maka justru bisa jadi menjadi buah simalakama untuk kalian.

Cermatilah dengan seksama ulasan dari Suara.com berikut seperti dikutip Moneysmart.id. Pertimbangkanlah secara bijak sebelum membuat kartu kredit.

1.   Berencana Ambil Pinjaman

Bila kamu sedang berencana mengambil pinjaman, maka memiliki kartu kredit menjadi solusi terbaik. Pasalnya, pemakaian kartu kredit akan mempengaruhi riwayat kredit informasi debitur atau iDeb. iDeb lah yang menentukan apakah pinjaman akan disetujui atau ditolak oleh bank.

Dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit maka akan memperbaiki skor kredit kamu. Baik atau buruknya skor kredit mempengaruhi keputusan bank untuk menerima atau menolak pinjaman yang kamu ajukan. Jadi, jaga kualias skormu juga dengan membayar tagihan tepat waktu.

2.   Menghemat Pengeluaran

Siapa bilang menggunakan kartu kredit membuatmu boros? Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit justru dapat menekan pengeluaranmu. Kok bisa?

Dalam kartu kredit ada banyak promo diskos, cashback, reward hingga promo lainnya yang bisa menghemat pengeluaran kamu setiap kali berbelanja. Namun, jangan sampai keliru kamu juga harus memperhitungkan nilai belanjaan yang kamu beli, jangan sampai belanja terus tanpa memperhatikan besar tagihannya.

3.   Pengganti Dana Darurat

Kartu kredit juga bisa menjadi solusi untuk menggantikan dana darurat. Bila secara tiba-tiba kompormu rusak dan perlu membeli kompor baru, kamu tidak perlu mengambil dana darurat untuk membelinya, cukup menggunakan kartu kredit saja.

Keberadaan kartu kredit dinilai efektif untuk menyelesaikan masalah-masalah darurat yang kamu hadapi. Sehingga, masalah terselesaikan dan tabungan dana daruratmu pun akan tetap aman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS