Harga Kurna Nabi Rp 300 Ribu Per Kilogram, Kenapa Mahal Banget?

Pebriansyah Ariefana | Muslimin Trisyuliono
Harga Kurna Nabi Rp 300 Ribu Per Kilogram, Kenapa Mahal Banget?
Pedagang kurma nabi di Tanah Abang. (Suara.com/Muslimin)

Harga tersebut dinilai tidak mengalami peningkatan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Suara.com - Harga kurma Ajwa di Pasar Tanah Abang bulan Ramadan Rp 300 ribu per Kilogram. Harga tersebut dinilai tidak mengalami peningkatan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Salah satu pedagang kurma di Blok B Temon (35) menuturkan penjualan kurma bulan Ramadhan mengalami peningkatan. Salah satu kurma yang laris di Pasar Tanah Abang saat bulan Ramadhan yaitu kurma Ajwa atau kurna nabi. Harga kurma nabi sangat mahal karena rasanya yang manis dan mempunyai khasiat untuk kesehatan.

"Kurma nabi Ajwa standar Rp 300 ribu per Kilogram untuk kualitas super," ujar Temon saat ditemui Suara.com, Minggu (12/5/2019).

Untuk pasokan kurma nabi saat ini dinilai cukup melimpah tetapi mengalami peningkatan harga beli ditingkat pedagang. Temon menuturkan kenaikan harga ditingkat pedagang ini tidak membuatnya untuk ikut menaikan harga.

Selain kurma nabi Ajwa yang laris dipasaran meliputi kurma jenis Madu Rp 40 ribu per Kg, kurma jenis Madinah Rp 70 ribu per Kg, Kurma jenis Tunisia Rp 80 ribu per Kg. Larisnya kurma dibulan Ramadan ini karena bisa meningkatan daya tahan tubuh dan menaikan trombosit darah.

"Stok sekarang banjir memang harga pas puasa sedikit naik sedikit tidak masalah," tambahnya.

Salah satu pembeli kurma Aulia (31) mengaku membeli kurma saat bulan Ramadhan karena mengikuti sunah nabi. Ia sengaja diakhir pekan membeli kurma sekaligus mengajak keluarganya untuk pakaian untuk lebaran.

"Sunah nabi untuk makan kurma, ini beli untuk satu bulan bisanya sehari makan tiga biji," ujar Aulia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS