Wapres JK: Teknologi Rubah Perilaku Masyarakat

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Wapres JK: Teknologi Rubah Perilaku Masyarakat
Wapres Jusuf Kalla saat jumpa pers di kantornya. (Suara,com/Ria Rizki).

Pemerintah harus mempersiapkan SDM yang mampu menjalankan teknologi dan menciptakan teknologi.

Suara.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai perkembangan teknologi merupakan suatu tantangan. Kalla mengatakan perkembangan teknologi saat ini sangat merubah perilaku masyarakat.

Dengan teknologi, sambungnya, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

"Tentu masyarakat mempunyai banyak tantangan, tadi sudah disebutkan bagaimana teknologi merupakan suatu kemajuan sekaligus tantangan banyak, teknologi merubah banyak perilaku," ujar JK dalam sambutannya dalam Indonesian Development Forum (IDF 2019) di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Jusuf Kalla kemudian mencontohkan bagaimana teknologi Go-Jek merubah perilaku ibu rumah tangga.

Menurutnya, ibu rumah tangga tak perlu lagi repot memasak untuk keluarga karena bisa memesan makanan lewat aplikasi Go-Food di Go-Jek.

"Ibu-ibu tinggal memesan dengan baik sudah makan enak, semuanya merubah teknologi itu dan merupakan tantangan," tutur dia.

Pemerintah Indonesia kata JK, harus mengantisipasi tantang tersebut. Salah satunya dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu menjalankan teknologi dan menciptakan teknologi.

"Tentu tantangan ini juga harus dibarengi dengan kemampuan SDM, pada generasi muda tentu kita tak hanya belajar menghadapi tantangan tapi belajar membuat suatu solusi pada tantangan itu, tapi apapun kita lakukan, maka ekonomi kita akan tumbuh, nilai tambah akan tumbuh dengan teknologi, teknologi akan tumbuh dengan pendidikan," pungkas JK.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS