33 Perusahaan China Malas Masuk ke RI, Luhut: Peraturan Kita Masih Berbelit

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
33 Perusahaan China Malas Masuk ke RI, Luhut: Peraturan Kita Masih Berbelit
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan, Kamis (22/11/2018). (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Permasalahan Indonesia tak bisa menggiring investor ke dalam negeri hanya satu yaitu peraturan yang masih berbelit-belit.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bakal meniru strategi Vietnam untuk menjaring perusahaan China yang ingin merelokasi usahanya.

Hal ini sebagai tanggapan dari 33 perusahaan China yang enggan merelokasi usahanya ke Indonesia.

"Semua itu kita tiru aja Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia itu aja benchmark kita," kata dia saat ditemui Kompleks Parlemen DPR RI, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Luhut mengaku permasalahan Indonesia tak bisa menggiring investor ke dalam negeri hanya satu yaitu peraturan yang masih berbelit-belit.

"Kita masih punya peraturan yang berbelit itu sekarang oleh Presiden itu dipotongin," tuturnya.

Namun begitu, Luhut mengklaim telah banyak perusahaan yang merelokasi usahanya ke Indonesia. Bahkan, tambah dia, terdapat 11 perusahaan yang akan membangun industri di Morowali.

"Saya kira akan cukup banyak masuk ke kita. saya bilang morowali salah satu case loh. Kita tanpa sadari sudah ada lebih 11 perusahaan yang masuk di sana relokasi ke kita sekarang lithium baterai kenapa dia mau bikin di kita karena 80 persen hampir materil baterai lithium ada di Indonesia," tandas dia.

Sebelumnya, hasil riset Bank Dunia menggemparkan kondisi ekonomi Indonesia. Hasil riset tersebut membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik pitam dan geleng-geleng kepala.

Adapun hasil Hasil riset Bank Dunia berjudul Global Economic Risks and Implications for Indonesia menyebutkan bahwa dalam kurun waktu Juni sampai Agustus 2019, dari 33 perusahaan China 23 perusahaan memilih Vietnam untum relokasi. Sisanya 10 perusahaan merelokasi ke Malaysia, Thailand, serta Kamboja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS