Bangun Pabrik di Medan, Bungasari Siapkan Rp 1,12 Triliun

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Bangun Pabrik di Medan, Bungasari Siapkan Rp 1,12 Triliun
Presiden Direktur Bungasari Budianto Wijaya. (Suara.com/Fadil)

Permintaan tepung di wilayah Sumatera masih cukup tinggi, sehingga bisa menjadi peluang bagi perusahaannya.

Suara.com - Produsen tepung terigu PT Bungasari Flour Mills Indonesia terus bergerak cepat untuk melakukan ekspansi, usai menyelesaikan perluasan pabrik phase II di Cilegon dengan kapasitas 2000 metrik ton perhari, Bungasari berencana akan membangun pabrik baru di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Presiden Direktur Bungasari Budianto Wijaya mengatakan, pembangunan pabrik tersebut akan dimulai tahun ini dan diperkirakan bakal selesai pada 2021 mendatang.

"Pembangunan memakan waktu sekitar 2 tahun, jadi kalau kita mulai tahun ini 2019, 2021 kita harapkan sudah mulai beroperasi," kata Budianto saat ditemui usai peresmian perluasan pabriknya di Cilegon, Banten, Rabu (9/10/2019).

Budi sapaan akrabnya menambahkan biaya investasi dari pembangunan pabrik di Medan tersebut mencapai 80 juta dolar AS atau setara Rp 1,12 triliun (Asumsi 1 dolar AS = Rp 14.000).

"Biaya investasi sekitar 80 juta dolar AS, dengan bersumber dari kas internal dan pinjaman perbankan," katanya.

Nantinya kata Budi, jika pabrik baru tersebut selesai bisa menghasilkan tepung terigu mencapai 1.500 metrik ton perhari, sehingga setahun bisa menghasilkan 400 ribu metrik ton.

Dirinya memilih Medan dalam pembangunan pabrik baru tersebut, lantaran permintaan tepung di wilayah Sumatera masih cukup tinggi, sehingga bisa menjadi peluang bagi perusahaannya.

"Rencana ini dilandasi untuk memenuhi tingginya permintaan terigu di berbagai daerah terutama di daerah Sumatera bagian utara serta Kepulauan Riau," ujarnya.

Pertimbangan pemilihan lokasi di Medan ini juga dikarenakan masih belum banyak produsen tepung terigu yang mampu melayani permintaan dalam kapasitas besar di kawasan ini.

"Diharapkan pada 2021, fasilitas produksi Bungasari di Medan sudah rampung dan mulai beroperasi,” harapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS