Menhub Pastikan Akan Ada KRL di Ibu Kota Baru

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menhub Pastikan Akan Ada KRL di Ibu Kota Baru
Menhub Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Rambiga)

Transportasi yang akan dibangun di ibu kota baru yaitu Kereta Rel Listrik.

Suara.com - Pemerintah segera membangun infrastruktur di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur. Salah satunya, infrastruktur transportasi akan dibangun di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahkan memastikan, transportasi yang dibangun di ibu kota baru yaitu Kereta Rel Listrik.

"Tapi kalau kereta listrik bisa dipastikan," kata Menhub dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Selain itu, Budi Karya menuturkan, angkutan kapal juga akan dikembangkan di ibu kota baru. Menurut dia, angkutan kapal menjadi daya tarik sendiri di ibu kota baru, karena lokasinya yang dikelilingi oleh perairan dan teluk.

"Angkutan kapal juga menarik karena ada satu teluk sepanjang 80 km dengan lebar 5 Km tidak terbayangkan bisa menjadi suatu daya tarik luar biasa untuk ibu kota baru," jelas dia.

Kendati demikian, saat ini Budi Karya masih memikirkan konsep transportasi di ibu kota baru.

Mulai dari sistem tiket hingga sistem integrasi antar moda akan dirumuskan Kemenhub, sehingga akan membuat penduduk Ibu Kota baru memilih transportasi umum dibanding kendaraan pribadi.

"Kita tentu harus mempersiapkan ini dengan baik, karena waktu tempuh sistem ticketing yang sederhana dan advance, kita lakukan dengan lebih advance kata smart sekali lagi menjadi suatu catatan menjadi catatan untuk konsep transportasi massal," tandas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS