Mimpi Menhub Ibu Kota Baru Punya MRT LRT Hingga Bus Amfibi

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Mimpi Menhub Ibu Kota Baru Punya MRT LRT Hingga Bus Amfibi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Fakhri)

Tak hanya KRL transportasi yang akan dibangun, tapi juga moda transportasi lain juga rencananya akan hadir di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Suara.com - Pemerintah segera membangun infrastruktur transportasi di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur. Salah satunya, pembangunan Kereta Rel Listrik (KRL).

Namun, tak hanya KRL transportasi yang akan dibangun, tapi juga moda transportasi lain juga rencananya akan hadir di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, transportasi di Ibu Kota akan memiliki teknologi canggih, diantaranya Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Raya Terpadu (LRT) hingga transportasi bus seperti kereta api atau disebut Autonomous Rail Rapid Transit (ART).

"Teknologi seperti MRT, ART atau Autonomous Rapid Transit akan kita hadirkan di sana," ujar Budi Karya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Budi Karya menuturkan, meski beberapa teknologi transportasi seperti ART belum banyak dikenal orang. Tapi, Budi Karya yakin anak bangsa bisa membangun transportasi tersebut.

"Teknologi itu sendiri masih belum terlalu banyak dilakukan tetapi dengan suatu semangat yang baik, dengan kemampuan teknologi yang dimiliki oleh teman-teman kita di INKA di kereta api, kita yakin dapat melakukan itu semua," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengambangan Kementerian Perhubungan, Sugihardjo menambahkan, bus amfibi akan turut hadir melayani transportasi di ibu kota baru.

"Karena lebar teluk di sini bisa 5-7 km, teluk ini merupakan lokasi paling strategis untuk pelabuhan di seluruh Kalimantan," pungkas Sugihardjo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS