Nama Nadiem Hingga Wishnutama di Kabinet, Ekonomi Bisa Kuat?

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Nama Nadiem Hingga Wishnutama di Kabinet, Ekonomi Bisa Kuat?
Wishnutama seusai menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. (Suara.com/Ummi HS).

Dengan masuknya ketiga calon tersebut, maka Jokowi ingin pertumbuhan ekonominya berbeda dari sebelumya, yaitu mengedapankan ekonomi digital.

Suara.com - Nama-nama baru disebut bakal akan mengisi kabinet Joko Widodo dan Maruf Amin. Nama-nama baru seperti CEO Gojek Nadiem Makarim hingga Komisaris Utama Net TV Wishnutama hadir menghadap Jokowi di istana merdeka pada Senin (21/10/2019).

Tak hanya itu, pengusaha nasional yang juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir juga menghadap ke Kediaman dinas Jokowi. Ketiganya, santer dikabarkan bakal mengisi tim ekonomi pemerintahan Jokowi.

Lantas apakah dua-tiga nama itu bisa membuat Perekonomian Indonesia menguat?

Ekonom Bank Permata, Joshua Pardede menilai Jokowi sangat cerdik menempatkan ketiga orang tersebut. Lantaran, ketiga calon menteri tersebut memiliki rekam jejak yang baik saat mengelola perusahaannya masing-masing.

"Komposisi menteri kalangan milenial tersebut diharapkan menjadi sosok menteri yang memiliki pemikiran-pemikiran yang kreatif dan out of the box dalam mengatasi permasalahan dalam bidang-bidang yang menjadi fokus pemerintah," ujar Joshua saat dihubungi pada Senin (21/10/2019).

Menurut Joshua, dengan masuknya ketiga calon tersebut, maka Jokowi ingin pertumbuhan ekonominya berbeda dari sebelumya, yaitu mengedapankan ekonomi digital.

"Sehingga jika dikaitkan dengan kondisi tren perlambatan ekonomi global, sektor digital, industri kreatif, UMKM dan investasi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang baru sehingga pemerintah dapat mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi nasional tetap stabil dikisaran lima persen," ucap dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS